Brigadir Sugiarto Rela Bangun Rumah Baru bagi Warga yang Sebelumnya Tinggal di Bekas Kandang Domba

"Warga namanya Edo, itu bukan warga saya, makanya tidak terdeteksi bantuan rutilahu sama desa"

Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin
Brigadir Sugiarto (kanan), personel Bhabinkantibmas Polsek Jampang Tengah Resor Sukabumi bercengkrama dengan keluarga Edo 

SETIAP  memperingati Hari Bhayangkara 1 Juli, kita selalu teringat akan jasa-jasa anggota polisi yang bertugas tanpa pamrih menolong masyarakat miskin.

Seperti di Kabupaten Sukabumi juga terdapat polisi yang berjiwa sosial tinggi. Yaitu Brigadir Sugiarto, personel Bhabinkamtibmas Polsek Jampang Tengah Resor Sukabumi yang membangun rumah warga yang tinggal di bekas kandang domba pada Oktober 2020 lalu.

Sugiarto menceritakan, awalnya, Edo warga yang ia buatkan rumah bukan warga binaannya.

Brigadir Sugiarto saat meninjau bekas kandang domba yang jadi kediaman keluarga Edo di Kampung Jelebud, Desa Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi
Brigadir Sugiarto saat meninjau bekas kandang domba yang jadi kediaman keluarga Edo di Kampung Jelebud, Desa Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi (Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin)

Edo merupakan warga yang baru saja pindah ke Kampung Jelebud, Desa Jampang Tengah bersama anak istrinya.

"Warga namanya Edo, itu bukan warga saya, makanya tidak terdeteksi bantuan rutilahu sama desa. Awalnya Desa Panukangan, kemudian ngontrak di desa saya di Desa Jampang Tengah, dia ngontrak empat bulan, empat bulan itu bulan kelimanya sebesar Rp 350 ribu gak kebayar, pindahlah dia ke kontrakan yang harga Rp150 ribu lebih murah, waktu dikontrakan Rp150 ribu itu dia proses pindah," ujar Sugih sapaan karibnya menceritakan sebelum dia membangun rumah Edo.

Baca juga: Marwan Hamami: Alhamdulillah Kabupaten Sukabumi Sudah Kuning. Ada Gurilaps Potensi yang Masih Tidur

"Kemudian dia dikontrakan itu gak kebayar lagi, akhirnya tinggal di gubuk di sawah, tinggal di situ, kerja di situ, kemudian ketahuan sama warga karena anaknya kecil-kecil, diraihlah sama warga untuk tinggal di kampung di rumah warga," ujarnya.

Namun, Edo bersama anak istrinya malah pergi karena malu harus tinggal di rumah warga tanpa membayar sama sekali. Sampai akhirnya dia terpaksa tinggal di bekas kandang domba yang tidak jauh dari pemukiman warga.

"Karena dia malu, akhirnya dia pelihara domba, dulu banyak, sekarang sudah sedikit sampai akhirnya kosong dan kandang itu sama dia ditinggali," katanya.

Baca juga: Briptu Febio Marcelino Sibuea Tetap Sabar Saat Dicaci Maki Pelanggar Protokol Kesehatan

Sebelum Sugih terpikir membuatkan rumah untuk Edo, dia sempat terharu melihat anak Edo usia 5 tahun sedang menggambar, sampai akhirnya ia teringat anaknya yang seumuran dan tidak tega melihat anak Edo harus tinggal di kandang domba.

"Sampai rumah saya jadi ingat anak. Pada dasarnya mau membantu itu ada tanahnya gak. Saya inisiatif, akhirnya lobi ke yang punya kandang domba, dijual gak tuh. Karena lokasinya memang sempit dan dipojok, kebetulan waktu saya beli 40 meter persegi di pojokannya, barulah saya gerak cari swadaya," ucapnya.

Brigadir Sugiarto (foto kanan) bersama keluarga Edo di rumah baru mereka di Desa Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Oktober 2020
Brigadir Sugiarto (foto kanan) bersama keluarga Edo di rumah baru mereka di Desa Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Oktober 2020 (Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin)

"Kebetulan Pak Kades membantu, Pak Babinsa membantu sama donatur lain, sampai akhirnya terkumpul Rp 20 jutaan, dibangunkanlah rumah," katanya.

Selain dibangunkan rumah, Sugih juga membelikan peralatan dapur dan perabotan rumah lainnya.

Baca juga: Asep Hermawan, Polisi yang Mengaku Hobi Belajar, Ikut Wisuda S2 dan S3 Secara Bersamaan

"Kalau dihitung itu bangun rumah, seperempatnya saya, seperempatnya Pak Kades, dibantu tenaga juga sama Pak Babinsa dan warga lain," ujarnya.

Ia berharap, dengan dibangunkannya rumah untuk Edo dan keluarganya itu dapat bermanfaat dan membuat Edo lebih semangat dalam menjalani kehidupan. (tribun jabar/m rizal jalaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved