Sejak Kecil Ulfah Mawaddah Gemar Bikin Narasi, Kini Jadi Duta Baca Jawa Barat

"Aku bersama himpunan di kampus sudah punya program bedah buku dan dialog interaktif secara virtual dan rutin dilakukan di media sosial Instagram"

Editor: adityas annas azhari
Dokumentasi Ulfah Mawaddah
Ulfah Mawaddah 

BERMULA dari hobi menulis dan membaca sejak kecil, Ulfah Mawaddah (22) kini menuai banyak prestasi. Perempuan kelahiran Bandung, 18 Februari 1999, itu meraih juara II Kompetisi Pemuda Menulis di bawah Kementerian Luar Negeri RI dan Museum Konferensi Asia-Afrika.

Ia juga menjadi Duta Bahasa Jawa Barat 2019 di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Balai Bahasa Jawa Barat.

Torehan-torehan itu tentu tidaklah instan, melainkan melalui usaha dan perjuangan berat dan panjang.

Ulfah Mawaddah, Duta Baca Jawa Barat 2019
Ulfah Mawaddah, Duta Baca Jawa Barat 2021 (pasjabar.com)

Saat kecil, mahasiswi Universitas Pasundan Jurusan Ekonomi Pembangunan itu difasilitasi buku dongeng oleh orang tuanya.

"Sejak kelas 1 SD, ketika ada majalah anak yang banyak gambarnya, suka aku gunting. Lalu, aku bikin narasinya sendiri," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (19/6/2021).

Ketika duduk di bangku SMA, Ulfah dianggap sebagai “kutu buku”. Saat teman-teman seusianya lebih senang bermain, Ulfah memilih untuk membaca buku di rumah. Gara-gara itu, dia mendapat cap “nggak asyik”.

Dua anggapan itu tak membuat Ulfah melepaskan bacaan. Ia juga tidak mempersoalkan sematan “kutu buku” dan “nggak asyik” yang ditujukan padanya. Ketegaran Ulfah berbuah manis. Berkat banyak membaca, ia bisa nyambung ketika ngobrol dengan lawan bicara lintas usia.

Ulfah Mawaddah
Ulfah Mawaddah (Dokumentasi Ulfah Mawaddah)

Bahkan, kini Ulfah dinobatkan sebagai Duta Baca Jawa Barat 2021 di bawah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat.

Untuk mengikuti kompetisi Duta Baca, ucapnya, setiap kontestan harus sudah memiliki program kerja. Setiap calon pendaftar yang tidak memiliki bidang literasi, tidak akan diloloskan.

"Aku bersama himpunan di kampus sudah punya program bedah buku dan dialog interaktif secara virtual dan rutin dilakukan di media sosial Instagram," kata Ulfah.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved