Ahmad Handiman Romdony:  Daftar Tunggu Haji Jabar 20 Hingga 25 Tahun, Dana Haji Dijamin Aman

Dana haji sekarang bukan Kemenag yang pegang, yang kelola BPKH. Kami tidak punya data dana haji.

Editor: adityas annas azhari
istimewa
Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jabar, Ahmad Handiman Romdony 

KEMENTERIAN Agama RI menerbitkan keputusan Menag RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H atau 2021 M. Keputusan itu diambil tak lama sebelum pemerintah Kerajaan Arab Saudi akhirnya kembali mengumumkan bahwa ibadah haji sementara hanya untuk warga negara Arab Saudi dan warga asing yang saat ini tinggal di sana.

Lantas bagaimanakah penanganan masalah haji ini di Jawa Barat menyusul penundaan keberangkatan yang kedua kalinya berturut-turut ini?

Berikut perikan wawancara khusus jurnalis Tribun Jabar Muhammad Syarif Abdussalam  dengan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jabar, Drs H Ahmad Handiman Romdony, M.Si, Senin (14/6).

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jabar, Ahmad Handiman Romdony
Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jabar, Ahmad Handiman Romdony (istimewa)

Bagaimana sosialisasi yang dilakukan Kemenag kepada para calon haji soal pembatalan pemberangkatan ini agar mereka tenang?

Kami bersama Kantor Kemenag di kabupaten dan kota di Jabar, Forum KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah) di kabupaten dan kota se-Jabar, Forum Komunikasi KBIHU Jabar dan Forum Komunikasi PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) dan PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus), sudah berkoordinasi.

Kami pun saat Jumat kemarin secara resmi melakukan meeting dengan kepala Kantor Kemenag di kabupaten dan kota, KBIHU, dan KPIU dan PIHK, sosialisasi kembali pembatalan ini. Alhamdulillah hampir semua kabupaten dan kota sudah lakukan sosialisasi kembali kepada masyarakat khususnya kepada calon haji yang sudah melunasi untuk keberangkatan 2020 kemarin.

Secara resmi Saudi Arabia  juga sudah menutuskan bahwa memang tidak ada jamaah di luar Saudi tentang pelaksanaan haji ini. Jadi semakin membuktikan bahwa pembatalan haji ini betul-betul dasarnya hanya satu, hanya untuk keselamatan jamaah dari penyebaran Covid-19.

ilustrasi pelaksanaan ibadah haji
ilustrasi pelaksanaan ibadah haji (TribunJabar)

Bagaimanakah respons masyarakat, khususnya para calon haji dengan keputusan tersebut?

Secara umum kita fokus ke calon haji yang harusnya berangkat. Sampai hari ini belum mendapat respons negatif dari calon haji, baru satu orang calon haji dari Kota Depok yang mengambil uang pelunasan. Ini kan imbas dari KMA (Keputusan Menteri Agama) Nomor 660 itu, artinya kan tidak serta merta jamaah mengambil pelunasan.

Baca juga: Yanti Lidiati Rela Habiskan Waktu dan Tenaga untuk Berdayakan Perempuan di Desa Lampegan, Bandung

Berapakah kuota haji Jabar tahun ini?

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved