Dari Lagu Hingga Novel, Anggara Surangga Mensyukuri Pencapaiannya

"Setelah lewat satu minggu semuanya berjalan seperti biasa saja, seperti tak pernah terjadi apa-apa,"

Editor: adityas annas azhari
Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Angga Surangga, musisi dan penulis novel 

ORANG bilang masa lalu adalah guru yang terbaik. Baik pengalaman baik maupun buruk, keduanya merupakan cerminan yang bisa dijadikan untuk melangkah di masa yang akan datang.

Sepertinya pameo itu sangat diresapi oleh Anggara Surangga. Musisi yang juga kini dikenal sebagai penulis novel kini merasakan sekali bagaimana memetik hikmah masa lalu.

Dari kepahitan dan kepedihan yang pernah ia rasakan, khususnya dalam pengalaman asmara, Angga, demikian ia akrab disapa, mampu bangkit dan membalikkan kepahitan masa lalu dengan sebuah prestasi, baik di bidang musik maupun dalam bidang menulis buku.

Angga Surangga bersama novel karyanya
Angga Surangga bersama novel karyanya (istimewa)

Salah satu lagu Angga yang dulu dianggap biasa, yaitu "Bisa Gila", kini melesat bak pesawat tempur setelah digaet menjadi sebuah lagu soundtrack  webseries Daikin Nikah Milenial, sebuah film yang disutradarai oleh Tubagus Deddy yang membuat film koboy kampus bersama Pidi Baiq.

"Alhamdulillah saya sangat mensyukuri pencapaian saat ini. Semua terjadi memang sudah takdir yang ditentukan oleh-Nya, namun dengan jalan masa lalu percintaan saya yang pahit," ucap Angga ketika berkunjung ke Tribun Jabar, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mural Hitam Putih Karya Seniman Misterius Ini Mempesona di Kala.Borasi

Memang mengalami putus cinta, masa lalu percintaan Angga yang pahit, adalah sebuah pengalaman yang sempat membuatnya merasakan dunia seakan berakhir. Namun hal itu diakui Angga hanya berlangsung satu minggu saja.

"Setelah lewat satu minggu semuanya berjalan seperti biasa saja, seperti tak pernah terjadi apa-apa," katanya.

Alih-alih kecewa, Angga bersama sejumlah teman bermusiknya, salah satunya bernama Eko Susanto, berkreasi dengan membuat berbagai lagu sendiri, salah satunya “Bisa Gila”.

Baca juga: Hakimun Mujib Ciptakan Seni Kreatif dari Koran Bekas, Karyanya Dikoleksi Para Orang Penting

"Memang awalnya lagu-lagu ini lahir dari sebuah band yang saya bentuk, yaitu Band Lupus yang kemudian bubar dan akhirnya saya pun bersolo karier," katanya.

Angga menambahkan, selama bersolo karier ia mampu menciptakan delapan judul lagu dan beberapa klip pendek. Namun lagu Bisa Gila menjadi lagu yang sangat menarik bagi sutradara Tubagus Deddy.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved