Wali Kota Bandung Sampaikan Duka Cita Wafatnya Mochtar Kusumaatmadja, Mantan Menlu Itu Berjasa Besar

"Perjuangan dan kontribusi beliau bagi bangsa dan negara sudah sepantasnya mendapatkan penghargaan pemerintah, misalnya gelar pahlawan"

Tribunnews
Mochtar Kusumaatmadja 

PEMERINTAH Kota Bandung  menyampaikan rasa belasungkawa mendalam, dan turut berduka cita atas meninggalnya Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, SH, LLM pada minggu, 6 Juni 2021 di Jakarta.

"Innalillaahi wa inna ilaihi raji'un, telah wafat Prof  Dr  Mochtar Kusumaatmadja, SH.,LLM pada hari Minggu 6 Juni 2021. Saya secara pribadi dan atas nama Pemkot Bandung menyampaikan rasa bela sungkawa dan duka cita mendalam atas kepergian almarhum," ujar Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Minggu (6/6/2021).

Prof  Dr Mochtar Kusumaatmadja adalah putra Sunda  kelahiran Jakarta, yang namanya harum tak hanya di tingkat nasional, juga internasional.

Mochtar Kusumaatmadja
Mochtar Kusumaatmadja (Tribunnews)

Salah satu kontribusi besar beliau bagi negara, kata Oded, adalah upaya beliau yang sangat gigih memperjuangkan Wawasan Nusantara, dan pengakuan negara Republik Indonesia sebagai negara kepulauan, juga atas kawasan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) sepanjang 12 Km dari  tepi pantai terluar yang diakui sebagai wilayah kedaulatan negara Republik Indonesia.

"Perjuangan dan kontribusi beliau bagi bangsa dan negara sudah sepantasnya mendapatkan penghargaan dari pemerintah, misalnya gelar pahlawan, namun kami serahkan hal ini sepenuhnya kepada pemerintah pusat, agar dipertimbangkan," kata Oded.

Baca juga: Oded: Sudah Ada 191 lokasi Buruan SAE di Kota Bandung, Kang Pisman Terus Berjalan

Mochtar Kusumaatmadja lahir di Jakarta, 17 Februari 1929.  Ia adalah anak dari pasangan R. Taslim Kusumaatmadja dan Sulmini.

Mochtar tercatat sebagai alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada 1955. Kemudian, ia melanjutkanstudi ke Amerika Serikat dan mendapat gelar Master of Laws (LL.M.) dari Yale Law School Amerika Serikat pada 1956.

Gelar doktornya (S3) diraih di  Universitas Padjadjaran, Bandung pada 1962. Ia juga meraih gelar doktor (S3) dari Universitas Harvard dan Universitas Chicago, Amerika Serikat (1964-1966)

Mochtar  dikenal sebagai orang yang percaya diri berkat keahliannya di bidang hukum internasional.

Baca juga: Unpad Ciptakan CePAD Alat Rapid Test Antigen dengan Akurasi Melebihi Rekomendasi WHO

Sejak tahun 1959, Kusumaatmadja bekerja sebagai dosen di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran (Unpad). Ia kemudian diangkat menjadi Guru Besar Hukum Internasional di Fakultas Hukum Unpad. Pada 1972, Kusumaatmadja diangkat menjadi Rektor Unpad.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved