Inilah Ani Sumarni, Guru Honorer Cantik di Cianjur yang Kerap Merawat ODGJ di Jalan

Saya memosisikan diri melihat sesama manusia yang lahir dari seorang ibu, saya tak tega dan langsung membeli makanan dan memberikannya

TribunJabar/Ferri Amiril Mukminin
Ani Sumarni, guru honorer yang kerap memberi perhatiankepada ODGJ di Cianjur 

SUDAH setahun lebih, Ani Sumarni (29) selalu berhenti jika kebetulan menemukan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berkeliaran di jalan.

Tanpa sungkan, ia akan memberinya makan. Bahkan memandikan dan dan mengganti bajunya.

Itu pula yang dilakukannya, Selasa (1/5), saat melintas di Jalan Lingkar Timur, Desa Hegarmanah, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur. Saat itu, seorang ODGJ laki-laki tengah tertidur di pinggir jalan.

Ani Sumarni memberi makan ODGJ di Jalan Lingkar Timur, Desa Hegarmanah, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Selasa (1/6/2021)
Ani Sumarni memberi makan ODGJ di Jalan Lingkar Timur, Desa Hegarmanah, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Selasa (1/6/2021) (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)

Ani pun lantas menghampiri dan berusaha membangunkan ODGJ tersebut. Ani sedikit berteriak karena deru mesin dan knalpot kendaraan berisik di jalur cepat tersebut.

Mendengat teriakan Ani, ODGJ itu pun membuka matanya sambil terus bangkin, berusaha duduk. Melihat wajah ODGJ itu penuh debu, Ani punsegera mengambil tisu basah dan membersihkan wajah ODGJ tersebut. Tak hanya wajah, bagian pundak dan tangan ODGJ itu pun ia bersihkan dengan telaten. 

Baca juga: Sungguh Mulia Ari Jalliludin, Spontan Berikan Pakaian untuk ODGJ di Tegallega Bandung

Selesai membersihkan, Ani langsung menawarkan makan. Namun karena ODGJ tersebut terlihat masih bingung, Ani lantas berinisiatif menyuapinya. Tak hanya itu, guru honorer di SD Bunikasih 2, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, ini pun lantas memberikan baju dan sweater kepada ODGJ tersebut.

Tanpa ragu, Ani juga menempelkan punggung tangannya pada kening ODGJ tersebut untuk memeriksa suhu tubuhnya. "Badan kamu panas," ujar Ani sambil memberikan minum pada ODGJ tersebut.

Baca juga: Herman Suherman: Dinas-dinas di Kabupaten Cianjur Harus Bersaing Secara Sehat

Ani mengatakan, sudah lebih dari satu tahun kebiasaan merawat ODGJ yang ditemuinnya di jalan itu ia lakukan. Ani mengaku selalu merasa iba kepada setiap ODGJ yang ia temui.

Tak hanya merawat ODGJ yang ditemuinya di jalan, Ani juga kerap ikut membebaskan ODGJ yang dipasung oleh keluarganya.

"Setelah saya bebaskan biasanya saya titipkan di Yayasan Pulih Jiwa yang berada di Kecamatan Ciranjang," kata Ani.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved