Kenny Dewi: Ibu Adalah Guru Pertama bagi Anak

"Isi di dalam gadget itu lebih menarik dengan sekitarnya makanya anak malas main keluar hingga malas mandi".

TribunJabar/Putri Puspita
Kenny Dewi KH, pendiri TK Jagad Alit 

SIAPA yang tak kenal dengan pahlawan perempuan Dewi Sartika? Ia adalah tokoh pejuang emansipasi perempuan yang memajukan pendidikan para perempuan di Indonesia.

Dewi Sartika pun telah berkiprah dalam dunia pendidikan sejak muda di Bandung. Ia  membuat sekolah khusus perempuan bumiputra pertama di Hindia Belanda dengan nama Sakola Istri.

Jejak Dewi Sartika di dunia pendidikan pun masih terus harum hingga saat ini.

Kenny Dewi KH
Kenny Dewi KH (TribunJabar/Putri Puspita)

Adalah sang cicit, Kenny Dewi KH, yang kini meneruskan cita-cita Dewi Sartika di dunia pendidikan. Kenny membuat sekolah dengan metode waldorf bernama Jagad Alit di Babakan Jeruk IIIE, Sukagalih, Pasteur Bandung yang didukung oleh Yayasan Ahli Waris Dewi Sartika.

Tawa riang anak-anak  Jagad Alit terdengar begitu gembira saat menghabiskan waktu belajar di ruang terbuka. Di halaman rumah yang penuh dengan rumput hijau dan pohon rindang inilah anak-anak di Jagad Alit belajar mengenal alam.

Baca juga: Pencetus Terapi Plasma Konvalesen, Dr Theresia Monica R, Sempat Kirimi Presiden Surat Permohonan

Ditemui di Jagad Alit, Kenny mengatakan di era sebelumnya perempuan punya kesulitan untuk mendapatkan kesempatan bisa sekolah dan bekerja. Namun  sekarang kesulitan itu sudah terbuka jauh lebih terutama di wilayah perkotaan dimana pendidikan perempuan sudah maju.

"Bagi saya yang selalu saya ingat, seperti apa yang dikatakan oleh Dewi Sartika jika ibu adalah guru pertama bagi anak-anaknya di rumah, " ujar Kenny kepada Tribun di TK Jagad Alit, Bandung, Rabu (19/5).

Hal ini membuat Kenny pun aktif membuat studi grup bersama komunitas yang rajin kumpul seminggu sekali untuk belajar bersama selama tiga tahun. Sejak saat itu tercetuslah Kenny mendirikan taman kanak-kanak Waldorf bersama beberapa temannya.

Baca juga: Puti Ceniza Menggugah Minat Baca Anak Melalui Pustakalana

Kenny menceritakan proses perjalanan ia membangun playgroup dan TK Jagad Alit yang  mengadaptasi  konsep pendidikan Waldorf  dengan nilai-nilai budaya Indonesia dan budaya lokal daerah setempat.

Aktivitas TK Jagad Alit yang didirikan Kenny Dewi di Jalan Babakan  Jeruk IIIE, Pasteur, Bandung
Aktivitas TK Jagad Alit yang didirikan Kenny Dewi di Jalan Babakan Jeruk IIIE, Pasteur, Bandung (istimewa)

Dasar dari konsep pendidikan Waldorf, kata Kenny, adalah pendidikan yang diberikan secara utuh dan menyeluruh terhadap tiga aspek dari manusia yaitu  kehendak, perasaan dan akal melalui tangan, hati, dan kepala.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved