Mantan juru Bicara Presiden Gus Dur, Wimar Witoelar Wafat. Ia Tak Mau Disebut Pejuang Reformasi

Saya senang mengkritik orang supaya orang mencari tahu sendiri, membentuk sikap sendiri. Ya itulah mencuri kejernihan dalam kerancuan.

tribunnews
Wimar Witoelar wafat 

WIMAR Witoelar meninggal dunia, Rabu (19/5/2021). Meski sudah tiada, sosoknya akan selalu dikenang.

Oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, Wimar Witoelar dikenal sebagai juru bicara kepresidenan era kepemimpinan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Wimar pernah mengatakan, menjadi juru bicara Gus Dur adalah anugerah besar baginya.

Bahkan, sejak pertemuan pertama dengan Gus Dur pun, ia sudah terkesan. "Tiap hari ada yang lucu atau berguna. Paling berkesan adalah pertemuan pertama, rasanya seperti ketemu teman lama," kata Wimar dalam berita Harian Kompas, 28 Juni 2011, dikutip TribunJabar.id dari Kompas.com.

Wimar Witoelar
Wimar Witoelar (kompas.com/Bayu Dwi Radius)

Jauh sebelum menjadi jubir, pria kelahiran Padalarang, 14 Juli 1945 ini pernah menjadi mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1963.

Namun, ia yang kuliah di jurusan teknik elektro tak pernah menyelesaikan proses pendidikannya tersebut.

Wimar justru sibuk ikut ke dalam aktivitas politik sejak G30S PKI meletus.  Kala itu, Wimar menjadi salah satu Ketua Presidium Kesatuan Aksi Mahasiswa (KAMI) pada November 1965 Komisariat ITB mewakili Perhimpunan Mahasiswa Bandung (PMB).

Baca juga: Institut Teknologi Bandung (ITB)

Selanjutnya, pada 1968 ia terpilih menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa ITB. Selang setahun kemudian, pada 1969 ia terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Mahasiswa ITB periode 1968-1969.

Wimar sempat mengungkapkan mengapa ia lebih memilih meninggalkan kuliahnya dan menjadi aktivis.

"Karena tidak sanggup, tidak ada motivasi lagi. Ketika tahun ketiga kuliah, terjadi Gestapu. Tadinya tak pernah memikirkan kehidupan politik, lalu menjadi aktivis mahasiswa dan menjadi pimpinan.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved