Masjid At-Thoyyibah yang Mirip Ka'bah di Kalijati, Subang, Santri-santri Kecil Kerap Belajar Tawaf

Pak Haji (Raden Kusman) musyawarah dengan masyarakat serta pemerintah desa untuk meuwujudkan cita-citanya membangun mesjid berbentuk ka'bah

Tribun Jabar/Irvan Maulana
Masjid Ath-Thoyyibah di Dusun Cibodas, Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang 

MASJID Ath-Thoyyibah di Dusun Cibodas, Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, selalu menarik perhatian pengendara. Bentuknya mirip  sekali dengan Ka'bah di Mekah. Begitu juga penak-perniknya.

Dari Jalan Raya Purwakarta-Subang, bangunan masjid unik ini bisa jelas terlihat. Bukan hanya bentuknya yang mirip, masjid ini bahkan bisa dibilang replikanya Ka'bah. Mulai penempatan pintu hingga corak kaligrafi didesain layaknya Ka'bah sungguhan. Masjid ini bahkan dilengkapi dengan replika hajar aswad yang disimpan di sudut luar sebelah kanan.

Masjid, yang juga difungsikan sebagai Islamic center Kalijati, itu dibangun pada tahun 2015 dan mulai digunakan pada tahun 2016. Masjid dibangun oleh Raden Kusman, tokoh masyarakat setempat. Ia terispirasi dari ka'bah sepulang menunaikan ibadah haji bersama keluarganya di Mekah.

Masjid Ath-Thoyyibah di Dusun Cibodas, Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang
Masjid Ath-Thoyyibah di Dusun Cibodas, Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang (Tribun Jabar/Irvan Maulana)

Ketua Dewan Kemakmuran Mesjid Ath-Thoyyibah, Ustaz Ayi Kliwon, mengatakanpembangunan mesjid tersebut merupakan impian keluarga Raden Kusman,

"Sebetulnya ini bukan Islamic center. Tapi pelengkap. Hanya dulu, tahun 2014, di sini memang sempat akan dibangun Islamic center, tapi warga tidak mengizinkan karena ini tanah milik desa. Namun Pak Haji (Raden Kusman) musyawarah dengan masyarakat serta pemerintah desa untuk meuwujudkan cita-citanya membangun mesjid berbentuk ka'bah. Alhamdulillah sudah diizinkan," papar Ayi saat ditemui di Masjid Ath-Thoyyibah, Selasa (20/4).

Masjid ini, menurut Ayi, muklai dibuka pada bulan Ramadan tahun 2016. Tepat satu tahun kemudian, keluarga Raden Kusman mewakafkan bangunan masjid yang mereka bangun ini.

Ayi memgatakan, masjid ini kerap dikunjungi para pengendara. "Kata mereka, di sini enak parkirnya, masjidnya juga unik. Kadang-kadang mereka ikut foto, karena mungkin mereka orang jauh juga yang kebetulan lewat sini," kata Ayi.

Masjid Ath-Thoyyibah di Dusun Cibodas, Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang
Masjid Ath-Thoyyibah di Dusun Cibodas, Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang (Tribun Jabar/Irvan Maulana)

Seperti di masjid-masjid lainnya, Masjid Ath-Thoyyibah, juga lebih ramai pada bulan Ramadan. Selain untuk salat, banyak pengensara juga menggunakan masjid ini untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

"Banyak juga yang numpang berbuka puasa di sini," imbuhnya.

Selain menjadi bangunan iconic di Subang,  Ath-Thoyyibah juga kerap dipergunakan untuk kegiatan praktik murid-murid TK atau santri-santri kecil maupun PAUD,

"Anak-anak kerap belajar tawaf di sini. Mereka yang sekolahnya dekat-dekat sini." ujarnya.(tribunjabar/irvan maulana)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved