Hanya Perlu Enam Menit untuk Salat Tarawih 23 Rakaat di Pondok Pesantren Al-Quraniyah Indramayu

"Kisaran 6 menit, dua tahun ini karena pandemi kami percepat 1 menit, sebelumnya 7 menit"

Tribun Cirebon/Handhika Rahman
Pelaksanaan Salat Tarawih kilat di Pondok Pesantren Al-Quraniyah Desa Dukuhjati, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, 

SALAT Tarawih kilat kembali digelar Pondok Pesantren Al-Quraniyah, Desa Dukuhjati, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu pada Ramadan 1442 Hijriah.

Sama seperti tahun sebelumnya, Salat Tarawih tahun ini pun digelar supercepat, untuk 23 rakaat salat hanya memerlukan waktu 6 menit.

Pengurus Pondok Pesantren Al-Quraniyah, Azun Mauzun mengatakan, Salat Tarawih super cepat ini sudah menjadi tradisi rutin, Ramadan tahun ini merupakan kali ke-15.

Pelaksanaan Salat Tarawih kilat di Pondok Pesantren Al-Quraniyah Desa Dukuhjati, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu,
Pelaksanaan Salat Tarawih kilat di Pondok Pesantren Al-Quraniyah Desa Dukuhjati, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, (Tribun Cirebon/Handhika Rahman)

"Kisaran 6 menit, dua tahun ini karena pandemi kami percepat 1 menit, sebelumnya 7 menit," ujar dia kepada Tribuncirebon.com seusai pelaksanaan Salat belum lama ini.

Pantauan Tribuncirebon.com, salat kilat ini hanya dilakukan untuk pelaksanaan Salat Tarawih. Untuk Salat Isya berjamaah berlangsung normal seperti biasanya.

Baca juga: Gadis Penjual Cilok yang Bercadar di Indramayu Ini Gemar Mengajar dan Ingin Melanjutkan Kuliah

Salat Tarawih tersebut dimulai pada pukul 19.15 dan selesai 19.21. Terpantau, untuk satu kali salat sebanyak 2 rakaat hanya memerlukan waktu 33 detik.

Dengan rincian, takbiratul ikhrom selama 9 detik, rukuk 1 detik, iktidal 1 detik, sujud 1 detik, duduk di antara dua sujud 1 detik, sujud kedua 1 detik, dan tasyahud akhir 6 detik.

Pada kesempatan itu, Tribuncirebon.com juga sempat mencoba bagaimana mengikuti Salat Tarawih kilat di pondok pesantren setempat.

Bilamana yang belum terbiasa, maka akan kewalahan karena cepatnya gerakan salat.

Azun Mauzun mengatakan, alasan digelarnya Salat Tarawih kilat ini agar para anak muda di lingkungan pondok pesantren mau berangkat ke masjid.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved