Sejak Pandemi Eet Bisa Tidur Normal, Pernah Grogi Sekaligus Bangga Saat Ditawari Masuk God Bless

Kegiatan ke luar, nge-band virtual. Dengan sendirinya terbatas. Kalau mau beli perangkat musik ke toko musik harus hati-hati

Tribunnews/Irwan Rismawan
Eet Sjahranie, gitaris grup Edane 

MUSIK rock pernah berjaya, juga pernah mengalami masa surut. Begitu pula perjalanan gitaris band EdanE, yang juga mantan personel God Bless, Eet Sjahranie (59). Kamis (25/2) lalu, ia bertandang

ke kantor Tribun Network di Palmerah, Jakarta.  Panjang lebar, ia bercerita tentang perjalanan kariernya di blantika music cadas selama empat decade, sejak 1980-an.

Siapa sangka, pemilik nama lengkap Zahedi Riza Sjahranie ini belajar gitar secara autodidak. Tak juga banyak yang tahu, karier professional pertamanya ternyata dengan Fariz RM.

Ia juga bercerita banyak tentang bagaimana awalnya bergabung dengan God Bless hingga memutuskan keluar dan membentuk EdanE.

Sayangnya pandemi Covid-19 mengubah setiap aspek kehidupan termasuk dunia musik. Konser tatap muka diminimalisir. Praktis membuat kantong musisi menjerit.

Eet Sjahranie
Eet Sjahranie (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Gitaris EdanE Eet Sjahranie merasa berubah. Kebiasaan baru sehari-harinya sebagai musisi kini tak lagi sama seperti sebelum pandemi Covid-19. Pria yang aktif bermusik sejak kecil ini merasa mengalami kesulitan.

"Karena tidak bisa show dan lain-lain," ujar Eet saat wawancara dengan Direktur Tribun Network, Febby Mahendra Putra, belum lama ini.

Yang membuat miris adalah, ketika lagu-lagu yang dibuat EdanE tersebar luas di sosial media, tapi band legendaris itu tak mendapatkan royalti selayaknya sebagai pencipta lagu.

Jika ditelusuri, lagu-lagu EdanE digunakan di beberapa sosial media, bahkan dipotong sesuka hati. Eet tetap rendah hati. Ia tak mempersoalkan, misal ada yang meng-cover lagu mereka, asalkan pengguna lagu EdanE mencantumkan nama EdanE ditayangan tersebut.

"Selama karya itu masih menyinggung me-mention nama kami. Itu minimal apresiasi bagi saya," ujar pria berusia 59 tahun tersebut.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved