Si Mini yang Harganya Ratusan Juta Bahkan Bisa Mencapai Rp 1 Miliar

"Nah, untuk kelas prospek ini tanaman perlu perhatian serius agar bonsai itu memberikan kepuasan pada kita"

Tribun Cirebon/Ahmad Ripai
Pameran Seni Bonsai dan Suiseki Tingkat Lokal Terbuka, Sandi, di Lapangan Tenis Hotel Horison, Kuningan 

BENTUKNYA memang mini alias kecil, tapi harganya ada yang sampai ratusan juta rupiah. Di balik bentuk mininya, terkandung seni dan keindahan yang bisa dinikmati pemilik dan siapa saja yang memandangnya.

Itulah bonsai, pohon mini yang menjadi hobi bagi banyak orang. Akhir pekan lalu digelar kontes dan pameran bonsai di Kuningan. Di pameran ini ada bonsai yang harganya Rp 150 juta. Wow.

"Kebetulan untuk harga memang variatif, tapi ada beberapa bonsai jenis serut atau sterblus asper ini harganya di atas 150 juta (rupiah) ikut dalam ajang kontes dan pameran ini," ucap Ketua Panita Kontes dan Pameran Seni Bonsai dan Suiseki Tingkat Lokal Terbuka, Sandi, di Lapang Tenis Hotel Horison, Kabupaten Kuningan, Sabtu (3/4/2021).

Bonsai
Bonsai (Tribun Cirebon/Ahmad Ripai)

Even ini digelar oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kuningan. Sandi mengatakan kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan PPBI di Kuningan.

Digelar saat pandemi Covid19 seperti sekarang ini mereka pun mengantongi izin dari Tim Satuan Tugas Covid19 dan tetap melakukan protokol kesehatan.

"Iya, kami tetap laksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan. Lagi juga peserta sekarang kebetulan dari wilayah Ciayumajakuning," ucap Sandi.

Bonsai
Bonsai (Tribun Cirebon/Ahmad Ripai)

Dalam kontes dan pameran bonsai kali ini, terbagi dalam beberapa kelas. Untuk kelas suiseki memang peminatnya tidak banyak seperti bonsai.

"Untuk kontes dan pameran bonsai, kami bagi dua yaitu kelas prospek dan jadi. Kemudian untuk suiseki peserta bisa dihitung (jari), enggak banyak," katanya.

Sandi mengatakan, untuk jenis tanaman bonsai yang ikut kontes dan pameran ini didominasi oleh tanaman lokal.

Bonsai
Bonsai (Tribun Cirebon/Ahmad Ripai)

Mengenai persyaratan, peserta yang mengikuti kontes dan pameran ini sesuai dengan kelas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved