Wawancara Eksklusif

Aep Syaepuloh: Saya Harus Bisa Memberi Manfaat bagi Masyarakat Karawang

“Saya sekarang orang baru dalam pemerintahan. Bagaimana saya harus menyinergikan kebijakan pemerintah pusat, provinsi, maupun bupati

Tribun Jabar/Cikwan Suwandi
Wakil Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh, SE 

AEP SYAEPULOH dikenal sebagai pengusaha muda asal Kabupaten Karawang yang terbilang sukses. Ia pun dikenal sebagai sosok yang murah senyum dan dermawan di mata warga Kabupaten Karawang.

Pria kelahiran 7 Oktober 1978 itu dipinang oleh Cellica Nurrachadiana, Bupati Karawang petahana untuk mendampinginya sebagai wakil bupati pada Pilkada serentak 2020. Dan pasangan ini pun sukses memenangi pilkada yang cukup panas itu.

Pada Pilkada itu pula terungkap, harta kekayaan pria yang hobi mengendarai motor gede (moge) itu terbilang fantastis. Dia tercatat sebagai calon bupati/wakil bupati paling tajir di Indonesia.

Wakil Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh, SE
Wakil Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh, SE (Tribun Jabar/Cikwan Suwandi)

Dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang tercatat di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Aep Syaepuloh memiliki harta kekayaan sebesar Rp 391.744.609.664.

Untuk memiliki harta kekayaan sebanyak itu, Aep Syaepuloh bekerja keras sejak muda. Kisah sukses dan kedermawanannya pun telah menjadi inspirasi bagi setiap insan muda di Kabupaten Karawang.

Dalam satu kesempatan, kontributor Tribun Jabar, Cikwan Suwandi mewawancarai secara eksklusif Wakil Bupati Karawang itu di ruang kerjanya, belum lama ini. Berikut petikan wawancaranya dalam tiga tulisan ini:

Wakil Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh, SE
Wakil Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh, SE (Tribun Jabar/Cikwan Suwandi)

Semua Melalui Proses Panjang

Sebelum terjun ke dunia politik, Aep Syaepuloh dikenal sebagai seorang pengusaha. Melalui PT Bintang Jaya Pratama Indonesia, PT Swastika Tunggal Pratama, dan PT Tri Panca Indonesia, pria alumnus SMA 2 Karawang itu kerap mengerjakan proyek-proyek swasta.

Selain bidang konstruksi, perusahaannya juga bergerak di bidang rental alat berat, general supplier, ekspedisi, hingga membangun properti.  Menurutnya, menjadi pengusaha itu tidak mudah. Perlu memahami diri sendiri dan usaha yang dijalani.

“Bagaimana kita menjiwai passion kita. Dan jangan berharap perusahaan yang kita bangun akan langsung besar. Semuanya harus melalui proses yang panjang,” kata Aep, saat ditanya kiatnya menjadi pengusaha sukses.

Wakil Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh, SE
Wakil Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh, SE (Tribun Jabar/Cikwan Suwandi)

Aep mengaku awalnya ia hanya seorang karyawan. Kemudian keluar dan memberanikan diri membuat perusahaan. Menurutnya gagal itu adalah risiko yang harus diterima. Namun yang pasti kita harus belajar dari kegagalan.

“Alhamdulillah, saya mulai dari membangun sebuah CV, perusahaan kecil. Lalu butuh waktu tiga tahun untuk membangun PT pada 2008. Dengan membangun PT saya harus menyiapkan team work dan tenaga kerja yang lebih profesional. Tetapi tidak gampang juga karena diperlukan konsistensi dan kesabaran dalam prosesnya dan tentunya perlu dukungan dan doa dari orang-orang terdekat,” kata Aep.

Baca juga: Alap-alap Capung, Burung Ala-alap terkecil di Dunia Ditemukan di Pegunungan Sanggabuana, Karawang

Mengenai perbedaan dulu sebagai pengusaha dan kini menjadi wakil bupati, menurut Aep, ia kini sudah melepas semua perusahaannya. Tidak lagi jadi direktur dan tidak ada sama sekali embel-embel perusahaan. Sepenuhnya mengemban tugas sebagai wakil bupati.

“Saya sekarang orang baru dalam pemerintahan. Bagaimana saya harus menyinergikan kebijakan pemerintah pusat, provinsi maupun kebijakan bupati yang kemudian diaplikasikan oleh dinas-dinas,” kata Aep.

Wakil Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh, SE
Wakil Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh, SE (Tribun Jabar/Cikwan Suwandi)

Saat disinggung mengapa terjun ke dunia politik yang kerap disebut kotor dan penuh intrik, padahal hidup sudah berkecukupan, Aep mengaku ia banyak mengenal para politikus dan aktivis lokal maupun nasional. Dari mereka lah ia banyak belajar tentang dunia politik.

“Memang ada yang berbicara jika politik itu penuh intrik dan kotor. Tetapi tinggal dibalikin lagi kepada diri kita sendiri. Yang penting niatnya, Insyaallah dengan memberikan yang terbaik bagi masyarakat tentunya dengan nilai ibadah dan dasar pengalaman saya memimpin perusahaan, saya harus bisa bermanfaat untuk kepentingan masyarakat Karawang,” katanya.

Baca juga: Kisah Jatuh Bangun Faizal Firmansyah, Pebisnis Properti yang Sukses di Bandung

Aep pun mengungkapkan bahwa salah seorang yang mengajaknya terjun ke dunia politik adalah Saan Mustopa, anggota DPR RI yang juga Ketua DPD Partai Nasdem Jawa Barat.

“Kang Saan Mustopa banyak memberikan pengenalan tentang politik. Bagaimana politik bisa memberikan manfaat untuk membangun dan menyejahterakan masyarakat. Juga bagaimana cara kita mencari keberkahan melalui politik. Jadi saya kira itu tergantung kepada diri kita sendiri,” ujar Aep. 

Wakil Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh, SE
Wakil Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh, SE (Tribun Jabar/Cikwan Suwandi)

Solusi Banjir Bikin Situ Baru

Banjir menjadi salah satu masalah yang berlarut-larut di Kabupaten Karawang. Di pemerintahan Cellica Nurrachadiana-Aep Syaepuloh, percepatan penanganan banjir akan menjadi satu prioritas mereka.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
267 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved