Sebagai Putri Nelayan 2020, Sisil Ingin Menyampaikan Aspirasi Nelayan

"Jelas tidak menyangka terpilih karena saya baru pertama kali mengikuti pendaftaran putri nelayan ini."

istimewa
Silvana Yunita (Sisil) Putri Nelayan 2020 

SILVANA Yunita, gadis berusia 19 tahun ini sukses menjadi seorang Putri Nelayan 2020 di Kabupaten Sukabumi.

Kepada Tribun, gadis yang akrab disapa Sisil ini menceritakan awal mula ia mengikuti ajang pencarian bakat tahunan di Kabupaten Sukabumi yang diselenggarakan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI).

"Alasan dan motivasi mengikuti  putri nelayan ya karena ingin mendapat pengalaman serta menggali potensi diri. Alasan paling utamanya karena banyak nelayan ingin putrinya yang asli anak nelayan dapat menyampaikani aspirasi nelayan. Ini membuat saya sangat termotivasi.  Akhirnya saya memberanikan diri," ujar gadis kelahiran 13 Juli 2002 ini saat diwawancara di Dermaga Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/3).

Silvana Yunita (Sisil) Putri Nelayan 2020
Silvana Yunita (Sisil) Putri Nelayan 2020 (istimewa)

Sisil menambahkan, ia ingin menjadi promotor terciptanya nelayan Sukabumi yang berkualitas.

"Saya juga ingin mengembangkan pemasaran pariwisata yang bersinergi dengan budaya yang ada di Palabuhanratu sehingga pariwisata lebih unggul dan dapat dinikmati semua kalangan," katanya.

Baca juga: Gara-gara Jatuh dari Tangga Saat Joget, Meldha Jadi Suka Dangdut, Mohon Dukungan di LIDA

Ia mengaku tidak menyangka terpilih sebagai Putri Nelayan 2020, padahal saingannya saat itu cukup berat. Sampai akhirnya ia membuktikan bahwa seorang anak nelayan pun bisa menjadi Putri Nelayan pilihan yang telah melalui tahap seleksi.

"Jelas tidak menyangka terpilih karena saya baru pertama kali mengikuti pendaftaran putri nelayan ini. Belum ada pengalaman sama sekali, tapi dengan niat dan tekad yang kuat saya berlatih dan banyak mengasah wawasan dan sharing pengetahuan," kata gadis lulusan SMAN 1 Palabuhanratu ini.

Silvana Yunita (Sisil) Putri Nelayan 2020
Silvana Yunita (Sisil) Putri Nelayan 2020 (istimewa)

Sisil juga mengomentari pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi, Marwan Hamami-Iyos Somantri yang terpilih dan resmi mengemban tugas sejak akhir Februari lalu.

"Saya mewakili para nelayan sangat besar harapan kepada Bapak Bupati Sukabumi agar lebih memperhatikan nelayan kecil hingga menengah. Tolong perhatikan kesejahteraan, kesehatan, dan jaminan keselamatan mereka. Saya juga berharap Pak Bupati dan Wakil Bupati  lebih menggali potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia Kabupaten Sukabumi agar  Sukabumi lebih maju," katanya. 

Baca juga: Gadis Penjual Cilok yang Bercadar di Indramayu Ini Gemar Mengajar dan Ingin Melanjutkan Kuliah

“Banyak Kegiatan yang Ditunda”

SETELAH terpilih menjadi seorang Putri Nelayan 2020, anak kedua dari pasangan suami-istri Unang Sunardi (47) dan Atih (44) belum melakukan banyak kegiatan karena terhalang pandemi Covid-19.

Namun, tak jarang ia juga melakukan pemotretan bersama sejumlah fotografer di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Silvana Yunita (Sisil) Putri Nelayan 2020
Silvana Yunita (Sisil) Putri Nelayan 2020 (istimewa)

"Untuk saat ini selama menjabat saya memang belum banyak melakukan banyak hal. Saya mohon maaf karena terbatasnya waktu di masa pandemi ini sehingga banyak kegiatan yang ditunda juga dibatasi.  Jika semua sudah stabil insyaallah saya akan memulai kegiatan dengan beberapa program yang pernah saya jelaskan," katanya.

Sisil mengatakan, sejumlah aspirasi dari beberpa nelayan sudah ia tampung, tinggal nanti akan ia sampaikan pada forum dengan beberapa mitra kerja nelayan.

Baca juga: Fina Van Parodikan Adegan Bollywood di Youtube, Berkat Ketekunannya Bisa Meraih Rp 45 Juta Per Bulan

Saat ini, Sisil juga fokus melanjutkan kuliah di jurusan ilmu pemerintahan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Palabuhanratu. (tribunjabar/m rizal jalaludin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved