Scottish Fold, Kucing yang Lagi Ngetren Dipelihara, Banyak Disukai Artis

"Ada yang impor dan ada yang lokal. Biasanya yang lokal pun karena pedigree (silsilah), pasti asal mulanya dari kucing impor"

istimewa
Scotish Fold, kucing Skotlandia 

SCOTTISH fold adalah jenis kucing yang tengah disukai. Beberapa artis, seperti Pevita Pearce dan Nagita Slavina pun memeliharanya.

Nagita Slavina pernah berpose bersama kucing scottish fold dan foto itu diunggah ke akun Instagram @nagitaslavina_1717.

Artis lainnya, Pevita Pearce pun memajang foto bersama kucing peliharaannya di akun Instagramnya.

"Sejauh yang saya tahu Giselle dan Rafi Ahmad, Rina Nose juga memiliki kucing scottish impor, namun saya tidak terlalu mengetahui detailnya," kata Nia Allamand (35), pemilik Allamand Cattery di Taman Kopo Indah, Bandung, lewat WhatsApp, pekan lalu.

Scotish Fold, kucing Skotlandia
Scotish Fold, kucing Skotlandia (wikipedia)

Scottish Fold adalah ras kucing yang berasal dari Skotlandia. Kucing ini memiliki keunikan pada telinganya yang melipat.

Ras ini sering disebut kucing berwajah burung hantu atau kucing coupari.

Namun karena keunikannya, kata Nia, scottish fold tidak diakui oleh  FIFe (Fédération Internationale Féline) dan GCFF (The Governing Council of the Cat Fancy) di Eropa.

Kedua lembaga ini menilai telinga yang terlipat milik Scottish Fold dapat memicu infeksi, kutu, atau membuatnya menjadi tuli.

FIFe adalah  federasi pendaftaran dan pengakuan ras kucing. Mereka memili sub-federasi nasional, seperti Felis Britannica di Inggris.

FIFe merupakan lembaga yang menangani pendaftaran silsilah, kontes kucing, dan penghargaan di setiap negara.

Adapun The Governing Council of the Cat Fancy (GCCF) adalah yang meregistrasi kucing. GCCF merupakan organisasi terbesar yang mendaftarkan silsilah kucing di Inggris Raya.

Scotish Fold, kucing Skotlandia
Scotish Fold, kucing Skotlandia (istimewa)

Menurut Nia, berbeda dengan di Inggris, di Amerika, TICA (The International Cat Association) dan CFA (Cat Fanciers’ Association) mengakui keberadaan kucing ini.

"Kucing scottish fold diperbaiki genetiknya dengan dilakukan mixed dengan jenis kucing british shorthair dan american shorthair," kata Nia.

Perkawinan silang itu membuat scottish fold lebih aman. Kekhawatiran terhadap infeksi di telinganya yang melipat sudah tidak ada lagi.

Di Allamand Cattery milik Nia, scottish fold diakui rasnya. Menurut Nia, cattery miliknya sudah bergabung dengan CFA. Cattery adalah tempat pembiakan.

"Di Allamand Cattery ada beberapa induk. Ada yang impor dan ada yang lokal. Biasanya yang lokal pun karena pedigree (silsilah), pasti asal mulanya dari kucing impor," kata Nia.

Menurut Nia, scottish fold dan scottish straight tidak boleh dikawinkan karena memiliki risiko cacat.  "Pokoknya yang fold dan fold jangan dikawinkan," katanya.

Selama ini, kata Nia, di cattery-nya, kucing-kucingnya wajib bersertifikat atas namanya.

"Beda dengan perantara yang biasanya memberikan jasa adopsi kucing dengan mengambil kucing dari breeder (pembiak) yang memiliki izin menerbitkan surat silsilah/sertifikat tersebut," katanya. 

Scotish Fold, kucing Skotlandia
Scotish Fold, kucing Skotlandia (wikipedia)

Si Kepo yang Ramah

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved