Success Story

Berlian Maulany Meraih Gelar Cici Berbakat Jawa Barat,Banyak Belajar Budaya Tionghoa

"Saya memutuskan untuk mencari kuliah lain, yaitu kuliah keguruan. Karena sama-sama mulia dan bermanfaat untuk orang lain"

Tribun Jabar/Ery Chandra
Berlian Maulany, Cici Berbakat Jabar 2021 

MOJANG asal Kota Cimahi, Berlian Maulany, sukses meraih gelar Cici Berbakat Jawa barat 2021 dalam ajang pemilihan Koko Cici Jawa Barat 2021 di Fashion Mall BTC, Bandung, 7 Februari lalu..

“ Saya bahagia banget  bisa mendapat gelar Cici berbakat 2021," ujar Berlin, sapaan akrabnya saat diwawancara Tribun, di kediamannya,  kawasan Kelurahan Cigugur Tengah, Kota Cimahi, pekan lalu.

Menurut mahasiswi Pendidikan Agama Islam di STAI Siliwangi Bandung dari partisipasinya pada ajang itu membuatnya memperoleh banyak hal mengenai kekayaan seni dan budaya khas  masyarakat Tionghoa. Satu di antaranya daya tarik wisata Indonesia, khususnya Jabar.

Berlian Maulany
Berlian Maulany (Tribun Jabar/Ery Chandra)

"Saya bisa belajar budaya Tionghoa lebih banyak. Terus dapat channel-channel seperti makanan, seperti Tribun Jabar juga mengetahui saya. Ini berkat Koko Cici Jawa Barat, jadi membuka banyak channel saya lebih maju kedepannya," kata Gadis kelahiran Cimahi, 25 Juni 1998 itu.

Anak kedua dari tiga bersaudara tersebut mengatakan, mengikuti seleksi Koko Cici sejak April 2020. Namun, pandemi yang terjadi sempat tertunda. Sehingga proses karantina dan finalnya mayoritas digelar secara daring.

Dalam proses karantina itu materi-materi yang disampaikan panitia itu melalui Zoom, Google meet, video call, Whatsapp, telepon, hingga Google form.

Baca juga: Ardhina Merancang Hijab 4 In 1, Ingin Membangun Mimpi Bersama Anak-anak Muda yang Kreatif

"Kami dapat tugas-tugas dari panitia. Sama panitianya dinilai siapa yang ikut interview offline atau tidak," ujarnya.

Putri dari pasangan Kasmirun (58). pensiun PNS dan Dewi Semiati (50). ibu rumah tangga tersebut mengungkapkan tahapan ragam penyaringan ketat hingga sembilan pasang peserta lolos babak final selama satu bulan.

"Seleksi data, video call, langsung interview offline. Rangkaian tes, ada tentang pengetahuan budaya tionghoa, Bahasa Mandarin, public speaking, cara duduk, senyum hingga makan," katanya.

Berlian Maulany terpilih sebagai Cici Berbakat Jawa Barat 2021
Berlian Maulany terpilih sebagai Cici Berbakat Jawa Barat 2021 (istimewa)

Cici dalam kacamata Berlin adalah sosok wanita lembut, tegas, ramah hingga bisa mengayomi semua orang. Kedepan tugas Cici, Berlin menilai bisa turut mengembangkan budaya Tionghoa yang tengah meredup.

"Kami meluruskan tentang pikiran manusia zaman sekarang itu memandang Tionghoa itu suatu agama, tapi tionghoa itu suatu budaya," ujarnya.

Baca juga: Anak Pasangan Buruh Tani di Indramayu Ini Raih Beasiswa Kuliah di Cina, Kisahnya Memotivasi

Secara bersama, dia bilang selain menginformasikan tentang budaya tionghoa. Setahunya sebelum pandemi, para Koko Cici juga bisa berpartisipasi saat acara Koko Cici dari wilayah lainnya hingga mendampingi presiden.

Mojang Kota Cimahi 2018-2021 itu menuturkan aktivitasnya selain menuntut ilmu bekerja di sebuah supermarket dan mengajar Taman Pendidikan Al-Quran (TPAQ) dekat kediamannya.

Baca juga: Teh Mican Tidak Pernah Berpikir Dua Kali untuk Memulai Usaha, Dari Usaha Butik Kini Jualan Kopi

Selain itu, pernah sebagai model hingga Putri Batik Perwira 2019. Berlin sangat terinspirasi dari sosok ibunya.  Ia pun mengagumi Ayunda Faza Maudya alias Maudy Ayunda yang merupakan aktris dan penyanyi Indonesia.

Baginya perempuan idealnya mesti bisa sabar, murah senyum, hingga bersemangat "Itu kuncinya,"  ucapnya. 

“Jangan Mencari Ilmu Dunia Saja”

CICI berbakat Provinsi Jawa Barat, Berlian Maulany (22) merasa bersyukur bisa menjalani kariernya di dunia duta budaya. Dia mengenang awal mula sebelum ikut serta pada pemilihan ajang tersebut.

"Awalnya pas grand final Moka (Cimahi) 2018, ada tamu undangan dari koko cici ini. Lalu teman saya memberitahukan untuk tahun depan mengikuti ajang tersebut," ujar Berlian.

Baca juga: Fifi Mengejar Mimpi dari Hobi Menggambar, Bikin Animasi Karakter Seperti Wajah Aslinya

Namun, pada 2019 dengan alasan jadwal perkuliahan tengah padat di STAI Siliwangi Bandung membuatnya memilih untuk menunda partisipasi pada ajang tersebut.

"Baru 2020, saya mulai mem-follow Instagramnya dan kebetulan teman saya pun akan mengikuti ajang tersebut," katanya.

Berlian Maulany asal Kota Cimahi
Berlian Maulany asal Kota Cimahi (Tribun Jabar/Ery Chandra)
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved