Setiap Bulan Agah Menjual 80 Kg Ikan Gabus, Harganya Rp 80.000 Per Kg, Bagus untuk Pengobatan

"Saya pun tidak tahu mana yang jantan dan mana ikan gabus yang betina. Pokoknya langsung beli"

Tribun Jabar/Andri M Dani
Agah Nugraha sedang memberi makan ikan gabus peliharaannya di Dusun Sukadana, Desa Cigayam. Kecamatan Banjaranyar, Ciamis. 

SUDAH 1,5 tahun ini Agah Nugraha (45) beralih dari peternak ikan gurame menjadi pembudidaya ikan gabus atau ikan bogo (Channa striata).

Dari  sembilan petak kolam yang berada di sekeliling rumahnya di Dusun Sukadana RT 03  RW 03 Desa Cigayam. Kecamatan Banjaranyar Ciamis yang dulu digunakan untuk beternak ikan gurame. Kini total untuk membudidayakan ikan gabus. Mulai dari pemijahan (breeding), pendederan. sampai pembesaran.

“Gabus yang semula dianggap hama dalam budidaya perikanan menjadi naik daun setelah banyak munculnya informasi khasiat albumin yang terkandung dalam daging ikan gabus. Harga ikan predator tersebut naik tajam,” ujar Agah yang bekerja sebagai Kasi Pemerintahan Desa Cigayam ketika ditemui di rumahnya, tak jauh dari Pasar Cigayam, pekan lalu.

Agah Nugraha , peternak ikan gabus di Dusun Sukadana, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Ciamis.
Agah Nugraha , peternak ikan gabus di Dusun Sukadana, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Ciamis. (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Saat beternak ikan gurame 1,5 tahun lalu, Agah mengalami gangguan hama dan penyakit sehingga ia mulai melirik ikan gabus atau di Ciamis Selatan disebut ikan boncel.

Ia sempat berburu induk ikan gabus ke Yogyakarta, namun batal dibelinya karena harga sepasang indukan ikan gabus siap dipijahkan Rp 1 juta. Agah merasa ikan tersebut sama saja dengan ikan bogo atau boncel yang banyak ditemui di Cigayam.

Kebetulan saat itu  musim kemarau, aliran Sungai Ciputrahaji  tak jauh dari rumahnya mulai mengering. Agah mendapat informasi ada pencari ikan di Sungai Ciputrahaji menangkap dua ekor ikan gabus yang besar.

Pembudidayaan ikan gabus di Dusun Sukadana Rt 03  RW 03 Desa Cigayam. Kecamatan Banjaranyar Ciamis.
Pembudidayaan ikan gabus di Dusun Sukadana Rt 03 RW 03 Desa Cigayam. Kecamatan Banjaranyar Ciamis. (Tribun Jabar/Andri M Dani)

“Kedua ekor ikan gabus tersebut langsung saya beli. Tapi saya lupa harganya. Saya pun tidak tahu mana yang jantan dan mana ikan gabus yang betina. Pokoknya langsung beli, karena ingin coba budi daya ikan gabus,” katanya.

Untuk menambah keyakinan, Agah pun  berburu indukan ikan gabus ke Padaherang, Pangandaran. Di daerah yang banyak rawa-rawanya tersebut banyak pencari ikan ikan gabus.

Baca juga: Pendapatan Eka Widya dari Berbisnis Ikan Cupang Bisa Mencapai Rp 2 Juta Sehari

"Ada empat ekor ikan gabus yang dibeli di Padaherang. Jangankan saya, pencari ikan dan warga sekitar juga tidak tahu mana yang jantan dan mana yang betina. Tapi saya yakin dari empat ekor itu ada yang jantan dan betina,” ujar Agah.

Keempat ekor ikan gabus yang dibelinya di Padaherang kemudian disatukan dengan dua ekor ikan gabus yang dibelinya dari warga di Sungai Ciputrahaji, lalu disatutempatkan dalam kolam. Di kolam itu disediakan eceng gondok untuk memijah.

Budi daya ikan gabus  di Dusun Sukadana RT 03, RW 03, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Ciamis.
Budi daya ikan gabus di Dusun Sukadana RT 03, RW 03, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Ciamis. (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Beberapa bulan kemudian ribuan anak ikan gabus bermunculan ke permukaan kolam bila ditabur pakan berupa pelet. Setelah itu, Agah pun terus membudidayakan ikan gabus. Ia satu-satunya pembudi daya ikan gabus di Cigayam dengan nama “Gabus Cigayam”.

Kini Setap bulan Agah menjual 30 kg ikan gabus kepada konsumen dengan harga Rp 80.000 per kg, sementara harga ikan gurame hanya Rp 40.000 sampai Rp 50.000 per kg.

Pembeli ikan gabus hasil budi dayanya sebagian besar datang dari Tasikmalaya, Bandung, Banjar, Pangandaran, dan Ciamis sendiri.

Baca juga: Berhenti Jadi Karyawan di Perusahaan Swasta, Nendi Suhendar Sukses dalam Bisnis Budi Daya Ikan Koi

Umumnya mereka membeli untuk pengobatan dan penyembuhan pascaoperasi, pasca melahirkan, maupun pascasunat.

Kandungan albumin dalam daging ikan gabus berkhasiat mempercepat proses penyembuhan jaringan tubuh  yang terbelah pasca operasi maupun pembedahan. (andri m dani)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved