Ardhina Merancang Hijab 4 In 1, Ingin Membangun Mimpi Bersama Anak-anak Muda yang Kreatif

"Kalau anak perempuan kan senang belanja macam-macam, atas kebutuhan itu saya bikin kerudung Kisera"

istimewa
Ardhina Dwiyanti, pemilik Kisera Hijab 

TREN hijab polos tanpa motif sebelumnya banyak digunakan, namun kini tren hijab lebih beragam.

Jika sebelumnya pengguna hijab tertarik dengan jenis hijab 2 in 1, yang artinya ada dua jenis motif atau warna berbeda dalam satu kain, kini ada jenis hijab yang lebih menarik, 4 in 1.

Hijab 4 in 1 ini adalah pengguna hijab bisa menggunakan 4 motif atau warna berbeda dalam 1 kain. Inovasi baru ini ditemukan oleh Ardhina Dwiyanti, pemilik usaha hijab yang bernama Kisera.

Melalui program coffee morning bersama Tribun Jabar, Selasa (19/1),  Ardhina menceritakan proses membangun usaha Kisera.

Ardhina Dwiyanti, pemilik Kisera, perancang hijab 4 in 1
Ardhina Dwiyanti, pemilik Kisera, perancang hijab 4 in 1 (istimewa)

Ardhina awalnya  bekerja sebagai kontraktor karena memiliki basic pendidikan di bidang arsitek. Namun setelah beberapa tahun berkarier sebagai kontraktor ia pun berhenti dan memulai usaha di rumah dengan membuat konveksi.

Baca juga: Perempuan Bisa Mandiri dengan Memulai Usaha

Selama 10 tahun terakhir ini ia mengembangkan usahanya seihingga memiliki banyak pegawai.

Mulanya, Ardhina Dwiyanti hanya menerima pesanan dengan maklun besar, namun pada 2017, ia memulai membuat produk sendiri karena kebutuhannya

"Saya punya tiga anak perempuan dan semuanya berhijab. Kalau anak perempuan kan senang belanja macam-macam, atas kebutuhan itu saya bikin kerudung Kisera," ujar Ardhina.

Dalam proses pembuatan usahanya, Ardhina tahu jika Bandung sudah memiliki ratusan merk produk hijab. Oleh karena itu, ia mencari tahu kelebihan yang bisa dibuatnya apa saja, karena ia tahu sudah ada produk hijab 2 in 1.

"Kemudian saya berpikir untuk menggali inovasi baru dan menemukan hijab 4 in 1 dengan proses selama sembilan bulan," ujarnya.

Baca juga: Bintang Bekti Tuangkan Ketertarikannya Pada Kain Tradisional Melalui Taaronka

Ardhina Dwiyanti melihat kelebihan hijab 4 in 1 ini yaitu ada 4 motif dengan potongan berbeda yang bisa menguntungkan para perempuan untuk memiliki kerudung yang berbeda.

Ia pun akhirnya merilis Kisera pada Agustus 2018. Ternyata pengguna hijab antusias akan produk Kisera, permintaan pun cukup tinggi.

Meski demikian Ardhina butuh usaha lebih untuk menanggapi pertanyaan pelanggan yang tidak mengerti konsep 4 in 1 ini.          

Baca juga:  Anggota DPR Berhijab Ini Minta Aturan Sekolah Negeri Wajibkan Semua Siswa Pakai Jilbab Dicabut

"Saat awal itu banyak yang salah tangkap. Ada yang pilih mau kerudung warna cokelat dan ungu padahal kerudung ini tuh bolak-balik. Saya menampilkan empat model dan empat warna yang berbeda. Jadi kadang saya kirim aja dulu produknya karena masih ada yang nggak ngeuh ternyata kerudung ini punya 4 warna," kata Ardhina.

Adanya empat model dan warna yang berbeda ini tentu bisa jadi piliihan bagi pengguna jilbab yang suka tampil dengan warna pakaian yang berbeda. Pemakai bisa mengubah warna sesuai kebutuhan hanya dengan satu kerudung saja.

Saat ini Kisera  4 in 1 hijab bisa didapatkan di daerah Bojong Raya No 36, Caringin dan di Cihampelas Walk lantai 1.

Model mengenakan hijab 4 in 1 rancangan Ardhani Dwiyanti, pemilik Kisera
Model mengenakan hijab 4 in 1 rancangan Ardhani Dwiyanti, pemilik Kisera (istimewa)

Adanya pandemi covid-19 yang tak kunjung reda tentu menjadi kekhawatiran pedagang. Namun ia tetap optimis.

“Allah memberikan pelangi setelah badai. Selama badai ini saya melihat jika Allah memberikan waktu untuk istirahat, untuk review sejauh apa kita fokus terhadap bisnis kita sendiri,"  ujar perempuan kelahiran Bandung, 1 Januari 1974 ini

Ardhina Dwiyanti juga memiliki kesibukan lain di rumah kreatif Kisera. Di rumah kreatif tersebut, ia mengembangkan berbagai potensi dari milenial yang bergabung disana.

Baca juga: Hakimun Mujib Ciptakan Seni Kreatif dari Koran Bekas, Karyanya Dikoleksi Para Orang Penting

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved