Berhenti Jadi Karyawan di Perusahaan Swasta, Nendi Suhendar Sukses dalam Bisnis Budi Daya Ikan Koi

Berkat budi daya ikan koin yang sudah berjalantiga tahun itu, ia bisa meraih untung Rp 25 juta sampai Rp 30 juta per bulan

Tribun Jabar/Fauzi Noviandi
Nendi Sunandar (depan), saat memilih-milih dan memisahkan ikan koi untuk dikirim ke luar kota. 

BERAWAL dari hobi, lalu coba-coba, hingga akhirnya mendapatkan keuntungan besar.

Hal itu dilakukan Nendi Sunandar (30), warga Kampung Padurenan, Desa Babakan, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Nendi lebih memilih menjadi pembudidaya ikan koi dan meninggalkan pekerjaan di sebuah perusahaan swasta di Sukabumi, Jumat (22/1/2021).

Pria lulusan SI Teknik Informatika di sebuah universitas di Sukabumi itu sempat terdaftar sebagai karyawan di tiga perusahan besar yang ada di Sukabumi.

Nendi Sunandar (30) saat memisahkan ikan koi di Kampung Padurenan, Desa Babakan, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi,untuk dikirim ke luar kota
Nendi Sunandar (30) saat memisahkan ikan koi di Kampung Padurenan, Desa Babakan, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi,untuk dikirim ke luar kota (Tribun Jabar/Fauzi Noviandi)

Namun karena memiliki kesukaan dan hobi terhap ikan koi akhirnya pria berambut ikal itu memutuskan untuk mendalami pembudiayaan ikan koi.

Ia melakukan pembudidayaan bersama sang kakak kandung.

Berbekal pengetahuan  dari pembudidaya yang ia kenal, serta membaca dan melihat video dari berbagai platfrom media sosial, bapak  satu anak itu mulai melakukan beberapa tahap pembudidayaan ikan koi pada 2017.

Baca juga: Imas, Berjualan Ikan Hias Sejak 30 Tahun Lalu, Raih Untung Rp 1 Juta Seminggu

Saat itu ia hanya mempunyai beberapa ekor ikan koi saja. Ia pun anya punya modal sekitar Rp 250 ribu.

"Awal hobi dengan ikan koi pada 2010, karena sambil kerja juga. Lebih fokus lagi untuk mengeluti ikan koi di 2017," kata pria yang sempat menjadi  panitia pengawas pemilu tingkat kecamtan (panwascam).

Pria kelahiran Sukabumi 1990 tersebut mendalami pembudidayaan ikan koi selama satu tahun lebih, di atas lahan seluas 800 meter persegi.

Ikan koi
Ikan koi (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved