Kopka Hamim yang Sederhana dan Penuh Dedikasi ini Mendapat Rumah Layak Huni dari Waka Polres Subang

"Sebagian gaji sudah dipotong untuk membayar cicilan utang bekas pengobatan saya. Saya juga membiayai keponakan saya"

Tribun Jabar/Irvan Maulana
Kopral Kepala Hamim Mulyono, staf Koramil Purwadadi Subang 

KOPRAL Kepala (Kopka) Hamim Mulyono, anggota Koramil Purwadadi, Subang,merupakan prajurit yang baik serta menjadi teladan dalam setiap penugasan

Namun di satu sisi kehidupan pribadinya cukup memperihatinkan, keadaan ekonominya tidak begitu baik bahkan kediamannya pun rumah yang tidak layak huni.

Namun kini rumah tersebut telah apik dan layak huni setelah diperbaiki oleh Waka Polres Subang, Kompol Dony Eko Wicaksono, Kamis (21/1/2020).

Waka Polres Subang, Kompol Dony Eko Wicaksono (tengah) menyerahkan kunci rumah kepada Danramil Purwadadi, Subang disaksikan Kopka Hamim (kiri) di Dusun Kaliwadas, Desa Pagon, Kecamatan Purwadadi, Subang, Kamis (21/1/2021)
Waka Polres Subang, Kompol Dony Eko Wicaksono (tengah) menyerahkan kunci rumah kepada Danramil Purwadadi, Subang disaksikan Kopka Hamim (kiri) di Dusun Kaliwadas, Desa Pagon, Kecamatan Purwadadi, Subang, Kamis (21/1/2021) (Tribun Jabar/Irvan Maulana)

Sebelum diperbaiki kondisi rumah Kopka Hamim memprihatinkan. Atapnya berlubang dengan beberapa kayu palang sudah lapuk, lantai rumah Kopka Hamim juga masih beralaskan tanah dan tanpa ada jaringan listrik.

Perabotan rumah pun sangat minim bahkan Kopka Hamim tidur hanya beralaskan tikar.

Kondisi tersebutlah yang membuat hati Kompol Dony Eko Wicaksono tergugah untuk membangunkan rumah tinggal yang layak untuk Kopka Hamim.

Atas persetujuan Kopka Hamim, Kompol Dony Eko Wicaksono pun bergegas memperbaiki rumah Kopka Hamim Mulyono.

Rumah Kopka Hamim terletak di lahan sempit yang merupakan halam rumah kakaknya.

Kopka Hamim tidak mampu memperbaiki rumahnya lantaran gaji yang ia terima sangat terbatas.

"Sebagian gaji sudah dipotong untuk membayar cicilan utang bekas pengobatan saya. Saya juga membiayai keponakan saya. Suami dari kakak saya juga orang kurang mampu, usahanya hanya tukang ojek," kata Kopka Hamim kepada Tribun di kediaman baru pemberian Waka Polres Subang, di Dusun Kaliwadas, Desa Pagon, Kecamatan Purwadadi, Subang.

Kopka Hamim hidup sebatang kara, ia berpisah dengan istri nya pada 2004 semenjak ia ditugaskan ke Aceh dalam rangka pemulihan bencana tsunami.

Anak perempuan satu-satunya ikut bersama ibunya di Bandung.

Kopka Hamim yang memang berasal dari keluarga kurang mampu. Ia pun harus berupaya keras menjadi seorang prajurit TNI.

Rumah Kopka Hamim yang baru di Dusun Kaliwadas, Desa Pagon, Kecamatan Purwadadi, Subang
Rumah Kopka Hamim yang baru di Dusun Kaliwadas, Desa Pagon, Kecamatan Purwadadi, Subang (Tribun Jabar/Irvan Maulana)

Ia mendaftar TNI sampai tiga kali dari tahun 1991 hingga akhirnya lulus di tahun 1994.

Dalam keadaan yang serba terbatas, Kopka Hamim yang bertugas sebagai staf Koramil Purwadadi, sama sekali tak pernah mengeluh.

"Kami memang dituntut untuk ikhlas menerima keadaan apapun, pekerjaan menjadi seorang prajurit tidak sebatas pekerjaan, tapi itu adalah ibadah. Kenapa harus mengeluh dengan gaji terbatas." kata Kopka Hamim.

Ia juga mengatakan jika tugas manusia untuk hidup adalah memenuhi kewajibannya kepada Tuhan.

Baca juga: Gadis yang Tinggal di Hutan Kaki Gunung Tangkuban Parahu Ini Bertekad Kuliah di Perguruan Tinggi

 "Tugas kita sebagai manusia menjalankan perintah Tuhan, termasuk sebagai prajurit juga perintah Tuhan untuk menjadi manusia yang berguna bagi sesama manusia." ujarnya.

Di tempat terpisah, Kompol Dony Eko Wicaksono, menyampaikan rasa syukurnya telah rampung menyelesaikan pembangunan rumah untuk Kopka Hamim.

"Saya minta agar selesai 10 hari, Alhamdulilah semua sudah beres dan kita resmikan," kata Waka Polres Subang kepada Tribun.

Kompol Dony Eko Wicaksono pun meminta siapapun mencontoh kesederhanaan Kopka Hamim,

"Saya pribadi mencontoh beliau, masa yang lain tidak." ujar Waka Polres Subang yang dikenal santun dan ramah tersebut. (tribunjabar/irvan maulana)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved