Joe Biden Janji Pecat Birokrat yang Tak Punya Rasa Hormat, Ini Sosok POTUS Tertua dalam Sejarah AS

Biden memang malang melintang di dunia birokrasi dan perpolitikan AS. Ia  dua kali menjabat wakil presiden AS mendampingi  Barrack Obama

whitehouse.gov
Joe Biden Jr (kiri) dan Kamala Harris pada hari pertama bekerja di Gedung Putih, Washington 

PADA hari pertamanya bekerja sebagai  Presiden Amerika Serikat atau POTUS (President Of The United States),  Joseph Robinette Biden Jr langsung memecat kepala staf rumah tangga dan operasi Gedung Putih, Timothy Harleth.

Tidak hanya itu, Biden juga memberi peringatan keras bahkan mengancam akan memecat kepada sekitar 1.000 calon pegawai kepresidenan

Bicara dalam konferensi video, fengan tegas Biden mengatakan, tidak akan segan memecat mereka "di tempat" jika menunjukkan "rasa tidak hormat", kepada orang-orang dalam perilaku profesional mereka.

Biden menyampaikan “ancaman itu” secara virtual kepada sejumlah besar pekerja pemerintahan, yang akan membantunya menjalankan birokrasi pemerintah federal.

Joe Biden Jr, Presiden Amerika Serikat
Joe Biden Jr, Presiden Amerika Serikat (wikipedia)

“Saya tidak bercanda ketika mengatakan ini. Jika Anda pernah bekerja dengan saya dan saya mendengar Anda memperlakukan rekan kerja lain dengan tidak hormat atau merendahkan seseorang, saya berjanji, saya akan memecat Anda di tempat. Di tempat! Tidak ada jika atau tapi,” kata Biden kepada staf yang terhubung dengan layar video besar.

Adapun Timothy Harleth seperti dilansir dari Independent,  merupakan kepala staf rumah tangga dan operasi yang ditunjuk oleh Melania Trump pada 2017.

Sebelumnya Harleth merupakan salah satu direktur di Trump International Hotel yang hanya berjarak 1,6 km dari Gedung Putih.

Presidewn AS Joe Biden Jr duduk di ruang oval setelah pelantikan
Presidewn AS Joe Biden Jr duduk di ruang oval setelah pelantikan (Jim Watson/AFP)

Harleth merupakan orang kesembilan yang pernah menjabat sebagai kepala staf rumah tangga dan operasi di Gedung Putih.

Kepala staf yang sebelumnya menjabat mempunyai latar belakang beragam, mulai dari militer hingga pelayan publik nonpolitik.

Biden memang malang melintang di dunia birokrasi dan perpolitikan AS. Ia  dua kali menjabat wakil presiden AS mendampingi  Barrack Obama.

Sebagai wakil presiden, Biden mengawasi belanja infrastruktur pada 2009 untuk melawan resesi .

Negosiasinya dengan anggota Kongres dari Partai Republik membantu meloloskan undang-undang termasuk Undang-Undang Bantuan Pajak 2010 yang menyelesaikan kebuntuan perpajakan.

Joe Biden jr dan wakilnya Kamala Harris di Houstoun Texas saat kampanye pilpres bulan lalu
Joe Biden jr dan wakilnya Kamala Harris di Houstoun Texas saat kampanye pilpres bulan lalu (AFP)

Biden dan Harris memenangkan pemilihan umum dengan 306 suara elektoral dari 232 suara Donald Trump .

Pada 20 Januari 2021, Biden dilantik sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat . Ia menjadi Presiden tertua dalam sejarah AS. Ia pun orang pertama yang menjadi presiden dari Delaware.  Selain itu Biden adalah penganut Katolik kedua yang menjadi Presiden AS setelah John F Kennedy.

Biden lahir 20 November 1942,  di Rumah Sakit St. Mary di Scranton, Pennsylvania . Ia anak sulung dari pasangan Catherine Eugenia "Jean" Biden  dan Joseph Robinette Biden Sr.

Biden memiliki seorang saudara perempuan, Valerie , dan dua saudara laki-laki, Francis dan James.

Jean keturunan Irlandia  sedangkan Joseph Sr. memiliki keturunan Inggris , Prancis , dan Irlandia.

Ayah Biden awalnya kaya, tetapi mengalami kemunduran finansial saat Biden lahir. Selama beberapa tahun keluarga tersebut tinggal dengan kakek nenek dari pihak ibu Biden. 

Joe Bidan menandatangani resolusi di Ruang Oval Gedung Putih setelah dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat, Kamis (21/1/2021)
Joe Bidan menandatangani resolusi di Ruang Oval Gedung Putih setelah dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat, Kamis (21/1/2021) (AFP)

Mulai tahun 1953, keluarga tersebut tinggal di sebuah apartemen di Claymont, Delaware , kemudian pindah ke sebuah rumah di Wilmington, Delaware .

Biden Sr kemudian menjadi penjual mobil bekas yang sukses, menjaga keluarga dalam gaya hidup kelas menengah.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved