H Syarifudin Datangkan Indukan Ikan Koi Kohaku yang di Jepang Laku Rp 27 miliar ke Cianjur

saya datangkan saudara kembarnya, ada adik, kakak, serta keturunan dari ikan fantastis tersebut untuk dijadikan indukan di Indonesia

Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Peternakan Damiri Koi Farm di Desa Peuteuycondong, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur. 

BARU-BARU ini ikan Koi jenis kohaku terjual dengan harga Rp 27 miliar dan memecahkan rekor dunia.

Fakta tersebut terungkap dari hasil lelang Koi (Koi Auction) pada acara yang dilaksanakan setiap tahun oleh Sakai Fish Farm Jepang.

Seekor Kohaku dengan ukuran panjang 101 sentimeter berhasil terjual dengan harga penawaran tertinggi 203.000.000 yen atau setara dengan Rp 27 miliar.

Selain karena kualitasnya sangat istimewa, juga karena ukurannya yang lebih dari 100 sentimeter dan berumur 9 tahun.  

Koi sebesar dan sebagus ini memang sangat jarang dijual oleh pemiliknya, sebab Koi seperti ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya, sekaligus bukti keberhasilan merawat Koi, apalagi Koi ini seringkali tampil sebagai Grand Champion di beberapa event Koi Show di Jepang.

Ikan koi di Damiri Koi Farm di Desa Peuteuycondong, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur.
Ikan koi di Damiri Koi Farm di Desa Peuteuycondong, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur. (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)

Kolektor All Japan KoiShow Legend asal Cianjur, H Syarifudin (50), langsung tertarik untuk mendatangkan keturunan dari kohaku yang nilainya fantastis tersebut untuk dikembangbiakkan di peternakan Damiri Koi Farm di Cianjur.

Alhasil, adik, kakak, dan keturunan kohaku seharga Rp 27 miliar tersebut kini ada di peternakan koi terbesar di Indonesia yang lokasinya kini ada di Cianjur. Sang kolektor banyak mendatangkan keturunan champion untuk dijadikan indukan oleh penggemar koi di Indonesia.

H Syarifudin mengatakan, sudah menjadi hobinya untuk mendatangkan keturunan juara dan dikembangbiakkan di lima puluh kolam ikan koi miliknya di Desa Peuteuycondong, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur.

"Baru-baru ini dunia dikejutkan dengan harga ikan koi jenis kohaku yang mencapai angka Rp 27 miliar setelah dilelang, nah saat ini saya datangkan saudara kembarnya, ada adik, kakak, serta keturunan dari ikan fantastis tersebut untuk dijadikan indukan di Indonesia," ujar H Syarifudin, saat ditemui di peternakannya Kamis (14/1/2021).

Di dunia ikan koi, H Syarifudin memang sudah dikenal sebagai kolektor All Japan Koi Show.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved