Success Story

Puti Ceniza Menggugah Minat Baca Anak Melalui Pustakalana

"Aku ingin memberikan ruang untuk tumbuh bersama, nggak cuma ibu nya tapi juga volunteer-nya

Tribun Jabar/Deni Denaswara
Puti Ceniza di Pustakalana Bandung 

MEMBACA buku cerita untuk anak menjadi hal positif untuk membangun ikatan emosional dan membangun imajinasi anak sejak dini. Namun hadirnya gadget justru membuat orang tua seolah lebih memilih anak untuk menonton video dan belajar dari apa yang ia tonton.

Mungkin hanya sebagian orang tua yang paham dan memiliki kesadaran untuk mengajarkan anak-anaknya membaca buku dan tengggelam bersama imajinasi mereka dengan gambar yang ada di dalamnya.

Sayangnya di masa seperti ini kehadiran buku gambar cerita anak memang minim, sehingga banyak orang yang berpikir jika kehadiran buku sudah tidak lagi diminati oleh anak.

Pandangan anak-anak lebih suka menonton video di gadget pun justru terbentuk, padahal sebagai anak, mereka belum bisa memilih, orang tuanya lah yang memilih apa yang ingin mereka berikan kepada sang buah hati.

Melihat hal ini pendiri Komunitas Pustakalana, Puti Ceniza membentuk sebuah komunitas literasi baca sejak 2005.

Ditemui di Perpustakaan Pustakalana, tepatnya di Selaras Guest House, Jalan Taman Cibeunying No 45, perempuan yang akrab disapa Chica ini menceritakan proses membangun komunitas ini.

Puti Ceniza di Pustakalana
Puti Ceniza di Pustakalana (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

"Awalnya Pustakalana itu terbentuk sejak 2005, saat itu aku aktif di Liga Film Mahasiswa ITB dan kami buat perpustakaan untuk anak SD sampai mahasiswa," ujarnya, Selasa (22/12/2020).

Namun karena saat itu keadaan mau lulus kuliah dan Chica harus menemani sang suami sekolah di Amerika Serikat, Pustakalana pun harus vakum mulai 2009-2015.

Ketika di Amerika Serikat, Chica melihat bagaimana perpustakaan adalah hal yang begitu mewah dan banyak aktivitas di perpustakaan.

Tidak hanya untuk membaca buku, kegiatan aktivitas itu melibatkan batita dan lansia dengan berbagai koleksi buku yang beragam

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved