Fitria Gustiana

Perempuan Bisa Mandiri dengan Memulai Usaha

"Setiap orang punya profesi beda-beda, dari situ seperti puzzle yang akhirnya justru bisa membantu sesama tim lainnya,"

istimewa
Fitria Gustiana, pengusaha kosmetik asal Bandung 

"DI keadaan seperti ini kita bisa memilih mau terus mengeluh atau berinovasi dan move on dari keadaan,"

Sebagai founder dari Smart Jafra Community yang telah dijalani selama 8 tahun, Fitri Gustiana mengaku mau tidak mau harus berinovasi untuk bertahan di masa pandemi.

Jafra adalah kosmetik asal Amerika yang dikenal dengan produk bahan alaminya. Kosmetik Jafra mulai masuk ke Indonesia sejak 2013 dan kian eksis digunakan masyarakat saat ini.

Selama ini, Fitri hanya menjalankan usahanya melalui kegiatan offline. Munculnya pandemi Covid-19, tidak hanya mengejutkan dirinya, tetapi Fitri juga harus mempertahankan anggota Smart Jafra Community.

Fitria Gustiana
Fitria Gustiana (istimewa)

Ia pun mulai mengajak anggotanya untuk meningkatkan ilmu dalam bidang penjualan.

Perempuan kelahiran Bandung, 3 Agustus 1980 ini pun mulai rajin mengembangkan webinar tentang memanfaatkan media sosial.

"Saya harus membawa mereka keluar dari zona nyaman yang kebanyakan ibu-ibu di rumah itu beralasan gaptek dan tidak bisa mengoperasikan media sosial. Saya mulai mengajarkan soal bagaimana membantu personal branding dan branding produk, bagaimana caranya supaya mereka bisa menyesuaikan dengan keadaan," ujar Fitri saat ditemui di kediamannya di daerah Antapani, Jumat (17/12/2020).

Harus beradaptasi dengan keadaan yang tidak terduga dan harus segara bergerak cepat, tentu tidak mudah.

Apalagi pelatihan diadakan secara virtual dan harus menggunakan aplikasi yang tentunya tidak banyak diketahui oleh setiap anggotanya.

Selain itu keterbatasan kuota dan setiap daerah tentunya memiliki kehidupan yang berbeda-beda, menjadi beberapa alasan sulitnya bisa beradaptasi dengan keadaan baru saat pandemi.

Fitria Gustiana
Fitria Gustiana (istimewa)
Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: TribunJabar
Sumber: Tribun Jabar
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved