Darbotz

Mural Hitam Putih Karya Seniman Misterius Ini Mempesona di Kala.Borasi

"Nah, gue pengen gimana karya ini bisa terlihat dan menetralisir warna-warna itu"

TribunJabar/Fasko Dehotman
Darbotz, seniman mural asal Jakarta 

DARBOTZ merupakan seniman mural dan street art yang tak asing lagi di dalam maupun luar negeri. 

Karya-karyanya telah mendunia, digunakan oleh sejumlah brand ternama  seperti Nike, DC Shoes, Google, dan lainnya. Karya Darbotz bahkan kerap ditunggu anak-anak muda Brasil untuk menghiasi tembok-tembok kota di negeri Samba itu.   

Pada Desember ini karya Darbotz turut ditampilkan di ruang seni digital Kala.Borasi, yang digelar di Mal Paris Van Java (PVJ), Jalan Sukajadi,Bandung. 

Seniman misterius asal jakarta yang menolak menyebut nama asli dan tanggal lahirnya ini mengatakan, ia mulai tertarik menggambar mural sejak duduk di bangku SMA. 

Darbotz dan karyanya
Darbotz dan karyanya (TribunJabar/Fasko Dehotman)

"Sebetulnya Gue mulai suka gambar mural waktu masih di bangku SMA, tapi itu masih gambar di kertas. Nah, mulai gambar di tembok itu pas kuliah di Trisakti, sekitar tahun 2004. Kebetulan kala itu Gue ambil jurusan desain," ujar Darbotz, Selasa (15/12/2020). 

Pria kelahiran Jakarta ini mengaku, memiliki keahlian menggambar seni mural bukan karena belajar dari seseorang, melainkan belajar sendiri atau secara otodidak. 

"Sebetulnya gue mendalami seni mural ini enggak ada yang ngajarin, otodidak aja. Bahkan memang sudah ada bakat menggambar sejak kecil," kata Darbotz

Karya Darbotz yang paling dikenal luas adalah semprotan mural Cumi Kong yang turut dihadirkan di Kala.Borasi

Mural Cumi Kong ini identik dengan warna hitam putih. 

"Kenapa warnanya hitam putih, di Jakarta ini kan sudah banyak banget warna apalagi kalau di jalan itu warna warni spanduk, ramelah pokoknya. Nah, gue pengen gimana karya ini bisa terlihat dan menetralisir warna-warna itu," jelas Darbotz

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved