Inilah Hermawan yang Memfoto Pemulung yang Baca Al Qur'an Hingga Akbar Diangkat Anak oleh Syekh Ali

Awan ternyata bekerja sebagai juru parkir di Jalan Braga sejak 1999, ia pun menceritakan kisah di balik foto viral Akbar itu

istimewa
Hermawan tukang parkir yang mengunggah foto Akbar Gifari, pemulung yang sedang mengaji di Jalan Braga 

BANYAK yang bertanya soal sosok yang mengabadikan foto Muhammad Gifari Akbar (16), pemulung yang mengaji di Jalan Braga, Bandung. Sosok itu akhirnya terungkap.

Ia adalah Hermawan (40), pemilik akun instagram @awan_rozy. Hermawan akrab disapa Awan.

Sejak foto Akbar diunggah di akun media sosialnya, banyak yang mengunggah ulang foto itu. Hingga akhirnya Akbar kini diangkat menjadi anak asuh Syekh Ali Jaber.

Hermawan tukang parkir yang mengunggah foto Akbar Gifari, pemulung yang sedang mengaji di Jalan Braga
Hermawan tukang parkir yang mengunggah foto Akbar Gifari, pemulung yang sedang mengaji di Jalan Braga (istimewa)

Tanpa foto fenomenal itu, tak akan ada yang mengetahui kisah Akbar. Tak hanya Akbar yang kisahnya patut diketahui. Si pemilik foto ternyata orang yang sehari-hari bekerja sebagai juru parkir di Jalan Braga.

Awan ternyata bekerja sebagai juru parkir di Jalan Braga sejak 1999, ia pun menceritakan kisah di balik foto viral Akbar itu.

Foto itu diambil Awan pada Selasa, 27 Oktober 2020. Ia sempat mengunggah foto itu ke facebooknya. Namun dihapus kembali karena Awan merasa kasihan ke Akbar.

"Waktu itu sore, sekitar jam 16.30. Memang lagi hujan rintik di Braga. Saya lagi jaga kendaraan. Ada konsumen yang minta diantar ke seberang jalan. Saya antar," ujar Awan membuka pembicaraan, Kamis (12/11/2020).

Di seberang jalan itu lah, Awan melihat Akbar yang sedang mengaji di bawah rintik hujan. Ia pun terkesan dengan sosok Akbar.

"Di sana, saya lihat dia (Akbar) lagi mengaji. Ya saya foto saja. Karena itu kan pemandangan yang bagaimana lah," katanya.

foto viral di jagad maya Muhammad Gifari Akbar, si pemulung tengah membaca Al Qur'an di trotoar Jalan Braga, Kota Bandung
foto viral di jagad maya Muhammad Gifari Akbar, si pemulung tengah membaca Al Qur'an di trotoar Jalan Braga, Kota Bandung (Istimewa)

Awan mengaku sebelumnya tak mengenal Akbar. Di hari itu, ia baru pertama kali melihat Akbar berada di Jalan Braga. Ia pun tak menyangka jika foto itu bisa mengubah nasib seorang anak.

"Hari itu saya belum langsung posting di Instagram. Awalnya saya posting di Facebook. Lalu tak lama saya hapus, karena saya pikir kasihan," katanya.

"Baru saya posting lagi malam jam 21.30 di Facebook. Besoknya, banyak komentar yang masuk. Kata istri saya, foto saya itu banyak diposting ke IG (instagram). Baru saya unggah ke IG," ucap ayah dua anak itu.

Warga Kampung Babakan Sawah, RT 7/3, Kelurahan Sukahaji, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung itu mengaku banyak yang bertanya soal keberadaan Akbar usai foto diunggah. Banyak yang mau membantu Akbar, namun Awan tak mengetahui keberadaannya.

"Akhirnya Akbar ditemukan juga. Banyak orang yang akhirnya membantunya," katanya.

Hal itu membuat Awan senang karena bisa membantu orang lain.

Ia menyebut hanya menggunakan handphone miliknya untuk mengambil foto Akbar yang sedang mengaji sambil membawa karung.

"Iya cuma pakai HP ambil fotonya. Lihat pemandangannya saja bagus. Lagi hujan, ada pemulung yang sedang mengaji," ucapnya.

Muhammad Gifari Akbar (16), remaja yang bekerja sebagai pemulung tengah membaca Alquran di rumahnya di Kampung Sodong, Kelurahan Muarasanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (5/11/2020).
Muhammad Gifari Akbar (16), remaja yang bekerja sebagai pemulung tengah membaca Alquran di rumahnya di Kampung Sodong, Kelurahan Muarasanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (5/11/2020). (Tribun Jabar/Firman Wijaksana)

Awan menuturkan,  ia kerap belajar ke orang-orang yang sering membawa kamera di Jalan Braga. Namun ia tak menyebut fotografi sebagai hobinya.

"Saya memang dulu sering belajar-belajar sama anak foto yang sering main ke Braga. Tapi foto sih hanya iseng. Bukan hobi, kalau hobi gimana. Jadi kalau ada yang bagus, ya saya foto," katanya

Foto Akbar yang tengah mengaji di Jalan Braga itu akhirnya viral. Banyak yang meminta izin kepada Awan untuk mengunggah ulang foto itu.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved