Muhammad Gifari Akbar

Remaja Pemulung Pembaca Al Qur’an Ini Fotonya Viral, Tawaran Jadi Santri Mengalir, Ia Diajak Umrah

"Sudah nyiapin barang-barang sama persyaratan umrah. Mau banget (umrah). Paspor nanti disiapin sama Syekh Ali Jaber,"

Istimewa
foto viral di jagad maya Muhammad Gifari Akbar, si pemulung tengah membaca Al Qur'an di trotoar Jalan Braga, Kota Bandung 

REMAJA 16 tahun asal Kampung Sodong, Kelurahan Muarasanding, Kecamatan Garut Kota, menjadi perbincangan di media sosial se-Nusantara.

Ia adalah Muhammad Gifari Akbar. Fotonya saat membaca Alquran di Jalan Braga, Kota Bandung, viral.

Akbar yang sehari-hari bekerja sebagai pemulung itu tak mengira fotonya yang tengah mengaji itu beredar luas di media sosial.

Di foto itu, Akbar tengah berteduh di Jalan Braga saat turun hujan. Sambil membawa karung untuk memulung, Akbar membaca Alquran.

Berkat foto yang meluas di media sosial itu, Akbar mendapat berbagai bantuan dan tawaran dari para tokoh dan ulama nasional. Ia pun ditawari untuk mendapat beasiswa sebagai santri di pesantren-pesantren ternama seperti di pesantren asuhan Aa Gym dan Yusuf Mansur.

Muhammad Gifari Akbar (16), remaja yang bekerja sebagai pemulung tengah membaca Alquran di rumahnya di Kampung Sodong, Kelurahan Muarasanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (5/11/2020).
Muhammad Gifari Akbar (16), remaja yang bekerja sebagai pemulung tengah membaca Alquran di rumahnya di Kampung Sodong, Kelurahan Muarasanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (5/11/2020). (Tribun Jabar/Firman Wijaksana)

Kabar terakhir Akbar akan diangkat anak asuh oleh Syekh Ali Jaber. Rencananya pada Selasa (10/11/2020), Akbar akan bertemu langsung dengan ulama kenamaan itu di Bandung.

"Kemarin waktu live di TV ngobrol sama Syekh Ali Jaber. Alhamdulillah diajak umrah," ucap Akbar, Senin (9/11/2020).

Akbar mengaku tak menyangka akan diajak umrah. Bahkan diangkat sebagai anak asuh. "Sudah nyiapin barang-barang sama persyaratan umrah. Mau banget (umrah). Paspor nanti disiapin sama Syekh Ali Jaber," ujarnya.

Akbar rencananya akan memenuhi undangan Syekh Ali Jaber di Bandung untuk berbincang lebih lanjut. Ia masih menunggu kabar kepastian pertemuan itu pada hari ini.

Akbar sangat bersyukur dan berterima kasih atas segala bantuan dari semua pihak. Ia juga semakin berkomitmen untuk menimba ilmu agama.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: TribunJabar
Sumber: Tribun Jabar
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved