Wirausahawan Muda

Awalnya menjualkan Produk Teman, Yuqa Kini Produksi Sendiri Sepatu Kulit, Omzet Capai Rp 500 Juta

"Walaupun omzet sempat drop, untungnya saya tidak harus melakukan pemecatan ke karyawan saya,"

Kompas.com
Muhammad Yuqa Reynaldo pemilik Kenzios, sepatu kulit buatan Bandung 

USAHA sepatu sangat mudah dijumpai di beberapa tempat, mulai dari pinggir jalan hingga di beberapa gerai toko. 

Apalagi saat ini sejak adanya internet, jualan sepatu pun tak lagi harus memiliki toko, tetapi cukup dengan posting di beberapa media sosial, barang pun bisa terjual.

Salah satu pengusaha sepatu kulit asal Bandung yang memiliki brand Kenzios, Muhammad Yuqa Reynaldo berpendapat, bisnis sepatu kulit memiliki prospek yang cukup bagus ke depannya.

Sebab kata dia, saat ini sepatu sudah menjadi kebutuhan pokok, layaknya pakaian.

"Sekarang siapa sih yang enggak punya sepatu? Sepatu itu sudah kebutuhan pokok saat ini, sama kayak baju. Belum lagi per orangnya pasti punya banyak sepatu," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (10/10/2020).

Hanya saja menurut dia, agar bisnis usaha sepatu kulitnya bisa bersaing, pengusaha harus bisa memiliki kemampuan untuk membaca pasar atau segmentasi penjualannya.

Apalagi sekarang ini sepatu kulit memiliki segmentasi yang sangat khusus dibandingkan jenis sepatu lainnya.

Misalnya saja seperti anak muda yang hobi nongkrong, pasti tidak akan menggunakan sepatu kulit sebagai alas kakinya, tetapi lebih memilih menggunakan sepatu sneakers atau jenis sepatu lainnya.

Selain itu pula, pengusaha sepatu kulit juga harus memiliki berbagai macam inovasi, agar bisa menarik lebih banyak konsumen.

produksi sepatu kulit merek Kenzios di Bandung
produksi sepatu kulit merek Kenzios di Bandung (istimewa/kenzios.com)

"Begitupun dengan usaha Kenzios saya, segmentasi pasarnya untuk orang-orang yang ngantor saja. Tapi bukan berhenti di situ, saya menghadirkan konsep modern di sepatu saya, walaupun dia sepatu kulit tapi bisa dipakai untuk hangout bukan ngantor saja," jelasnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved