Hobi Musik Samuel Hariono Jadi Bisnis Menguntungkan, Ahmad Dhani Pun Pernah Beli Saksofon 100 Tahun

"Usia 100 tahun memang masuk barang antik, tapi untuk saksofon, saat ini banyak yang berusia segitu"

istimewa
Samuel Heriono 

THE Sax Guitar adalah adalah kios alat musik, terutama alat musik tiup di Pasar Cikapundung. Kios ini kerap dikunjungi orang-orang ternama di Indonesia.

Mereka yang pernah singgah di kios The Sax Guitar adalah David Naif, Ahmad Dhani, Dani Java Jive, politikus Permadi, dan Fadli Zon.

"Bahkan turis-turis bule pun sering mampir ke sini. Beberapa dari mereka membeli alat musik di sini," ujar Samuel Heriono yang biasa disapa Her saat ditemui di kiosnya The Sax Guitar lantai 3 Blok HU-19, di Pasar Antik Cikapundung, belum lama ini.

Ahmad Dhani, kata Heriono, sempat membeli dua saksofon darinya. Dhani membeli saksofon tenor Prancis dan alto Amerika yang masuk kategori antik, usianya mencapai 100 tahun.

"Usia 100 tahun memang masuk barang antik, tapi untuk saksofon, saat ini banyak yang berusia segitu," kata Heriono.

Heriono di kiosnya menjual alat musik tiup yang termasuk jarang ditemukan di Bandung, yaitu saksofon, flute, klarinet, trombon, dan lain sebagainya.

Selain itu, tentu saja berbagai alat musik lainnya juga seperti gitar, drum, konga, dan alat musik lainnya.

Samuel Heriono bersama politisi Fadli Zon di tokonya The Sax Guitar Pasar barang Antik Cikapundung
Samuel Heriono bersama politisi Fadli Zon di tokonya The Sax Guitar Pasar barang Antik Cikapundung (istimewa)

Di The Sax Guitar dipenuhi oleh berbagai jenis alat tiup yang tergantung rapi secara khusus yang sekelilingnya berbaur dengan berbagai alat musik lainnya seperti gitar, bas, drum, konga, dan lain-lain.

"Sebenarnya enggak sengaja (terjun di dunia jual beli alat musik tiup), semuanya terjadi begitu saja meskipun tentu ada proses sebab dan alasannya," katanya.

Di Bandung, masih jarang yang menjual alat musik tiup bekas. Sekalipun ada, mereka menjualnya tidak resmi atau berjualan hanya dari mulut ke mulut saja di rumah.

Berbeda dengan Heriono, ia menjual berbagai alat musik tiup bekas di kiosnya itu.

 Sudah lazim jika sebuah hobi kemudian berkembang menjadi usaha bisnis yang memberikan hasil memuaskan bagi pelakunya.

Salah satu contohnya terjadi pada Samuel Heriono. Siapa nyana jika berawal dari hobi dan kesukaan, ia menjadi seorang pebisnis alat-alat musik dan barang bekas lainnya.

Heriono sendiri awalnya hanya bekerja di perusahaan cat yang salah satu fungsinya bisa untuk cat gitar.

Dia banyak berinteraksi dengan para pelaku usaha pembuat gitar seperti Prince, Alegro, dan Arista.

Dari interaksi itu, Heriono kerap membeli gitar-gitar dari mereka untuk dijual kembali. Bisnis kecil-kecilan ini dia lakukan secara sederhana hanya dari rumah saja.

"Dari situ kemudian terus berkembang. Selain alat musik tiup dan gitar, saya juga menjual alat musik lain seperti drum, konga, bas, keyboard dan lain sebagainya, bahkan saya jualan piringan hitam dan sepatu juga," katanya.

Meski item yang ia jual bertambah banyak, namun The Sax Guitar sudah telanjur akrab dan identik dengan alat-alat musik tiup.

Tak heran jika kemudian kios Heriono dianggap sebagai spesialis jual-beli alat musik tiup di Kota Bandung, sehingga setiap orang yang datang pun kebanyakan lebih tertarik kepada alat-alat musik tiup yang dipajang Heriono.

Lebih seru lagi, di kios The Sax Guitar, pengunjung tidak saja boleh melihat-lihat, namun juga bisa melakukan jamming atau nyanyi bareng dengan alat-alat musik yang ada di situ.

Ikuti kami di
KOMENTAR
121 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved