Perajin Kreatif

Maman Rustaman Bikin Miniatur Truk dan Bus dari Kayu yang Mirip Aslinya, Produknya Laris

"Kang Maman ini sangat kreatif, miniatur bus dan truknya sangat bagus, mirip aslinya, banyak digemari"

TribunJabar
Maman Rustaman warga Tomo, Sumedang dengan miniatur truk hasil karyanya 

KEMAMPUAN Maman Rustaman (38) membuat miniatur mobil berbagai jenis, seperti truk dan bus mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten Sumedang, hingga dilirik Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir.

usaha pria gondrong warga, Dusun Caricangkas, RT 1/4, Desa Karyamukti, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang ini akan dikembangkan Pemerintah Kabupaten Sumedang agar usahanya semakin maju.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sumedang akan membantu meningkatkan kualitas produk, hingga pemasaran produk miniatur kendaraan tersebut.

Bengkel miniatur truk milik Maman Rustaman di Dusun Caricangkas, RT 1/4, Desa Karyamukti, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang
Bengkel miniatur truk milik Maman Rustaman di Dusun Caricangkas, RT 1/4, Desa Karyamukti, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang (TribunJabar)

"Pemda melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi akan memfasilitasi, membantu untuk pengemasannya supaya lebih menarik, kemudian mendapatkan Standar Nasional Indonesia (SNI)," ujar Dony saat mengunjungi rumah Maman, Jumat (9/10).

Selain itu, Dony juga meminta pihak Desa Karyamukti dan Kecamatan Tomo membantu memasarkan produk miniatur kendaraan karya Maman tersebut.

"Tadi saya sudah berkoordinasi dengan kepala desa, dan juga camat, saya berharap ada etalase, ada show window-nya untuk memperlihatkan, menunjukkan, memasarkan produk ini, seperti di mal supermarket, pertokoan, dan galeri yang ada," katanya.

Dalam kunjungannya tersebut, Dony mengaku merasa bangga ada warga Sumedang yang kreatif, bisa membuat miniatur bus dan truk yang sangat mirip seperti aslinya.

"Kang Maman ini sangat kreatif, miniatur bus dan truknya sangat bagus, mirip aslinya, banyak digemari, bahkan selain dijual Sumedang, juga dijual ke luar Sumedang, sampai ke luar Jawa," ucap Dony.

Maman mengaku, merasa terharu dan bahagia karyanya itu bisa dilirik Pemkab, terutama oleh orang nomor satu di Kabupaten Sumedang, apalagi usahanya akan dikembangkan.

"Alhamdulillah, semoga usaha saya bisa lebih berkembang dan banyak pemesan lagi setelah pemasarannya dibantu pemerintah," ujar Maman.

Miniatur truk karya Maman Rustaman di Dusun Caricangkas, Desa Karyamukti, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang
Miniatur truk karya Maman Rustaman di Dusun Caricangkas, Desa Karyamukti, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang (TribunJabar)

Maman mengatakan, akan mengikuti semua saran dari bupati dalam hal pembuatan hingga pemasaran agar lebih banyak dilirik lagi oleh warga dari luar Sumedang.

"Pasti, sarannya akan saya ikuti supaya bisa lebih maju, terutama pemasaran karena selama ini baru melalui online, Facebook," ucapnya.

Diberitakan Tribun Jabar sebelumnya, pembuatan kerajinan miniatur mobil tersebut sudah dijalaninya selama tiga tahun yang berawal dari hobi. Terlebih, dia juga dulunya memang memiliki latar belakang sebagai pengrajin mebel.

"Selain membuat miniatur truk, bus dan pikap, saya juga menerima pembuatan miniatur mobil jenis lainnya sesuai keinginan dan pesanan dari konsumen," katanya.

Terkait penjualan, hasil kerajinannya itu tak hanya dijual di daerah Sumedang, tetapi penjualannya pernah dikirim hingga keluar pulau Jawa seperti Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Sistem pemasaran dan penjualannya sebagaian besar dipesan oleh konsumen secara online," ucap pria berambut gondrong ini. (tribunjabar/hilman kamaludin)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved